Comscore Tracker

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbat

Coba cara yang alami sebelum mengonsumsi obat

Pernah gak kamu merasakan hidung tersumbat? Kondisi itu tentu sangat mengganggu karena kita sulit bernapas, suara berubah, dan cairan keluar tanpa disadari dari hidung.

Kamu sudah berusaha mengeluarkan lendir yang menyumbat di hidung, tapi hasilnya nihil. Biasanya, orang yang mengalami akan buru-buru meminum obat.

Hidung tersumbat sebenarnya bukan disebabkan cairan di dalam rongga hidung, melainkan pembuluh darah yang meradang di area sinus, sehingga membuat cairan tidak bisa keluar.

Jika hidungmu tersumbat, berikut ini ada beberapa cara mengatasinya dengan mudah dan tanpa menggunakan obat-obatan. Kamu bisa mencobanya sebelum memutuskan mengonsumsi obat. Yuk simak penjelasannya!

1. Mandi air hangat

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbathealthncure.org

Saat hidungmu tersumbat, kamu bisa mencoba mandi dengan air hangat supaya merasa lega. Alirkan air pada bagian atas kepala supaya pembuluh darahmu rileks, sehingga cairan dalam hidung bisa keluar.

Tapi cara ini cuma berefek sementara. Setelah mandi, kamu mungkin akan merasa hidungmu tersumbat lagi. Makanya, saat mandi manfaatkan dengan mengeluarkan sebanyak mungkin cairan.

2. Gunakan humidifier

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatmedicalnewstoday.com

Mesin humidifier atau pelembap ruangan membantumu meredakan hidung tersumbat dalam waktu cepat. Mesin itu mengubah air menjadi uap sehingga udara ruangan jadi lembap

Dengan menghirup udara lembap, pembengkakan pembuluh darah di area hidung bisa cepat mereda. Cairan juga lebih mudah keluar dari hidung.

Kamu bisa menggunakan humidifier di kamarmu jelang tidur di malam hari. Lalu rasakan manfaatnya di pagi hari, sebab kamu akan bisa bernapas dengan baik.

3. Menggunakan saline spray atau obat semprot hidung

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatverywellhealth.com

Cairan ini digunakan denga menyemprotkannya ke dalam hidung supaya tidak tersumbat. Menurut artikel Health Line, saline spray sebenarnya berasal dari air laut. Kandungan di dalam cairannya bekerja meringankan cairan dan meredakan pembengkakan.

Tapi, sebagian produk saline spray mengandung dekongestan. Itu bisa memperburuk keadaan jika dipakai lebih dari tiga hari. Jadi sebelum memakainya, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

4. Menghirup uap dari air panas

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatdailymail.co.uk

Ini cara yang cukup sederhana. Cukup siapkan air panas dan taruh di dalam baskom. Berikutnya, tutup kepalamu dengan handuk lalu dekatkan hidung dengan permukaan air.

Hirup uap dari air panas supaya pernapasanmu terasa lega. Efeknya seperti saat kamu mandi air hangat.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flu

5. Banyak minum air hangat

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatmedicalnewstoday.com

Menjaga tubuh terhidrasi adalah cara lain yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya air apa pun bisa membantu tetapi minum air hangat adalah cara yang paling efektif.

Dengan menjaga cairan tubuh, tekanan yang ada di area sinus akan berkurang. Kamu bisa mengganti air hangat dengan teh hangat atau sup untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

6. Gunakan kompres air hangat

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatwebmd.com

Kompres hangat dapat membantu hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Kamu bisa melakukannya dengan merendam handuk ke air hangat.

Peras terlebih dahulu kemudian letakkan di handuk di bagian dahi. Selain meredakan hidung tersumbat, kompres juga bisa memberikan kenyamanan dari rasa sakit.

7. Pakailah minyak kayu putih

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbathealthline.com

Minyak kayu putih telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi inflamasi di bagian hidung.

Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes di sekitar hidung. Jika kamu merasa tidak nyaman melakukannya, kamu bisa meneteskan minyak ke air yang mendidih dan menghirup uapnya.

8. Menggunakan bawang putih

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatreference.com

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, bawang putih juga terkenal akan khasiat antibakterinya. Dilansir dari Everyday Health, konsumsi bawang putih setiap hari bisa bekerja sebagai suplemen pencegah flu.

Jika kamu tidak bisa memakannya mentah, coba iris beberapa siung bawang putih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Hiruplah uap yang dihasilkannya dengan perlahan. Cara ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat.

9. Gunakan bantal ekstra saat tidur

Tanpa Obat, Ini 9 Cara Gampang Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbatthesleepjudge.com

Hidung tersumbat terasa mengganggu terutama di malam hari. Ini karena kelembapan udara turun secara drastis. Jika kamu kesulitan untuk tidur karena tidak bisa bernapas, tumpuklah dua bantal di bawah kepalamu. Cara ini bisa membantu mengeluarkan cairan di dalam hidung. 

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan langkah yang cukup mudah.

Jika metode di atas masih tidak bisa membantumu, maka terpaksa kamu harus minum obat. Namun kenali terlebih dahulu penyebabnya. Apakah karena flu atau alergi. Semoga dapat bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkala

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya