Comscore Tracker

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajah

Kamu bisa menempuh cara alami hingga perawatan medis

Komedo merupakan masalah kulit yang sering menghantui. Kamu pasti merasa penampilanmu terganggu karena titik-titik hitam yang menonjol di area hidung, dagu, dan pipi itu. Komedo juga bisa berubah jadi jerawat.

Sebenarnya komedo merupakan sebum, yakni minyak alami produksi kulit yang menyumbat pori-pori. Saat menumpuk di permukaan dan mengeras, sebum pun menghasilkan komedo. Warnanya menjadi kehitaman berkat oksidasi serta terpapar udara, bakteri, dan partikel asing lainnya.

Buat kamu yang punya masalah komedo, ada beragam cara yang bisa kamu tempuh untuk membersihkannya. Kamu tinggal memilih cara yang alami hingga perawat medis berikut ini. Yang pasti, memencet wajah bukan solusi!

1. Selalu cuci muka dua kali sehari

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahwellandgood.com

Jangan malas mencuci wajah, minimal dua kali sehari, yakni di pagi dan malam hari. Lakukan juga setelah kamu berolahraga.

Untuk kamu yang menggunakan makeup, terapkan double cleansing. Hapus residu riasan yang menempel di wajah dengan micellar water atau oil cleanser sebelum mencucinya. Cara itu bisa menghilangkan semua partikel asing yang berpotensi menyumbat pori-pori.

2. Hindari produk skincare berbahan dasar minyak

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahmakeupandbeauty.com

Produk skincare berbahan dasar minyak adalah salah satu pantangan bagi wajah yang berkomedo. Sebab sebum yang bercampur dengan minyak bisa semakin menyumbat pori-pori.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih produk dari bahan dasar air atau gel. Kedua bahan itu dikenal lebih ringan serta jarang memicu iritasi pada wajah.

3. Eksfoliasi wajahmu

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahdermstore.com

Eksfoliasi adalah menghilangkan sel kulit mati, sebum, dan semua partikel asing pada wajah. Proses ini membantu membuka jalan bagi komedo buat keluar dari pori-pori.

Kamu bisa menggunakan aneka produk eksfoliasi yang ada di pasaran. Sebaiknya pilih produk yang memiliki butiran scrub halus. Dengan begitu, kulit tidak akan mengalami iritasi saat produk digunakan.

Cara pengaplikasian produk juga harus diperhatikan. Lakukan dengan gerakan memijat, jangan digosok. Setelah eksfoliasi dilakukan selama beberapa menit, bilas wajah dengan air hangat. 

4. Jenis eksfoliator alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahkimberlyelise.com

Selain menggunakan produk skincare yang dijual bebas atau over-the-counter, kamu juga bisa membuat eksfoliator sendiri di rumah. Tentunya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dicari. Berikut ini beberapa jenis eksfoliator alami tersebut:

  • Baking soda: Bahan ini mampu menetralkan pH kulit serta mengangkat sebum. Campurkan satu hingga dua sendok teh baking soda dengan air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan ke area berkomedo dengan gerakan memijat selama satu hingga tiga menit;
  • Oatmeal: Dilansir Medical News Today, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, melembapkan, dan termasuk eksfoliator yang ringan. Campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt, dan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan di kulit yang lembap dan biarkan selama 15 menit;
  • Gula: Gula adalah bahan yang terkenal untuk eksfoliasi. Campurkan gula secukupnya dengan minyak organik seperti minyak zaitun, almon, tea tree, atau jojoba. Aplikasikan dengan gerakan memijat ringan pada kulit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang memuaskan, lakukan proses eksfoliasi ini maksimal dua kali dalam seminggu, ya. Jika berlebihan, kulit akan mudah iritasi. Jangan lupa pakai pelembap setelahnya agar kulit terhidrasi. 

Baca Juga: Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowing

5. Lakukan steaming untuk membuka pori-pori

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahmedicalnewstoday.com

Steaming atau terapi uap juga bisa membantu melunakkan komedo yang menumpuk di pori-pori wajahmu. Lakukan saja secara mandiri di rumah. Berikut caranya:

  1. Didihkan enam cangkir air;
  2. Diamkan sebentar selama beberapa menit;
  3. Tuang air panas tersebut ke baskom besar;
  4. Duduk di depan baskom, arahkan wajahmu ke atasnya;
  5. Tutup kepalamu dengan handuk sehingga uap tidak menyebar ke mana-mana;
  6. Lakukan proses ini selama 10-15 menit.

Tujuan dari steaming sebenarnya adalah untuk mempersiapkan wajah untuk proses pengangkatan komedo dengan alat bernama extractor tool. Jika kamu tidak memilikinya, langkah ini bisa dilakukan sebelum proses eksfoliasi dan menggunakan clay mask. Dengan begitu, komedo semakin mudah terangkat. 

6. Gunakan clay mask atau charcoal mask

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahhealthyoptions.com.ph

Memakai masker juga bisa membantu mengangkat komedo. Kamu bisa memakai clay mask (masker tanah liat) atau charcoal mask (masker arang). Ada banyak produk-produk yang dijual secara bebas.

Dilansir Healthline, tanah liat maupun arang sama-sama berkhasiat membersihkan pori-pori hingga ke bagian dalam. Bahan itu bisa mengangkat komedo, sebum, dan semua partikel yang menyumbat pori-pori.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan masker secara merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Kamu akan merasakan kulitmu jauh lebih bersih daripada sebelumnya. 

7. Ini masker-masker alami yang cocok untuk mengatasi komedo

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahindia.com

Selain clay mask dan charcoal mask, ada beberapa masker alami yang bisa kamu pakai. Berikut ini daftarnya:

  • Putih telur: Ketika diaplikasikan ke kulit, putih telur mampu masuk ke pori-pori dan mengekstraksi komedo. Cara membuatnya, kocok putih telur hingga kaku dan campur dengan air lemon serta madu. Aplikasikan ke kulit selama 15 menit dan bilas dengan air hangat;
  • Tomat: Buah ini kaya akan vitamin A dan C serta mampu menyerap minyak dalam pori-pori. Potong tomat secara horizontal kemudian usapkan ke wajah, fokuslah ke area yang berkomedo. Cara lain adalah dengan mengaplikasikan tomat yang telah dihancurkan ke wajah;
  • Teh hijau: Teh hijau kaya akan antioksidan dan bisa mengurangi produksi sebum sehingga komedo bisa dicegah. Cara menggunakannya, campurkan satu sendok teh hijau dengan satu sendok teh air hangat, kemudian pijatkan ke area komedo. 

8. Jangan pernah memencet komedo!

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahpinkvilla.com

Ketika melihat komedo di wajah, tangan akan secara otomatis tergerak untuk memencetnya. Namun, kamu sebaiknya menghindari kebiasaan ini. Memencet komedo hanya akan menimbulkan iritasi dan membuat pori-pori terlihat semakin besar.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga berpotensi untuk menyebabkan inflamasi. Gak mau, kan, komedomu semakin menonjol atau bahkan berubah menjadi jerawat?

9. Produk-produk skincare yang ampuh bersihkan komedo

Jangan Dipencet! Ini 9 Cara Ampuh Menghilangkah Komedo di Wajahsummitmedia-digital.com

Jika komedomu benar-benar membandel dan sulit dihilangkan dengan cara-cara di atas, kamu sebaiknya menggunakan produk skincare yang didesain khusus untuk masalah ini. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • Retinol atau retinoid;
  • Asam salisilat
  • AHA dan BHA;
  • Glycolic acid;
  • Witch hazel.

Perlu diketahui bahwa komedo bukanlah masalah kulit yang bisa hilang hanya dalam sehari. Kamu harus rutin melakukan berbagai perawatan yang disebutkan di atas. Perlahan, titik-titik hitam yang mengganggu itu akan mengecil dan hilang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mengecilkan Tampilan Pori-pori Wajah, Pasti Berhasil!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya