Comscore Tracker

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 

Cek tanda ringan dan sedang jika terpapar virus corona

Masih banyak orang yang mengabaikan protokol kesehatan, sehingga kasus terinfeksi COVID-19 terus meningkat. Virus corona SARS-CoV-2 menjangkiti orang dari berbagai pihak, dari pejabat, kepala daerah, maupun selebriti.

Rasanya COVID-19 semakin dekat kepada kita. Kamu pasti punya kenalan, teman, atau bahkan keluarga yang pernah terinfeksi. Tapi, yang jadi pertannyan, apakah kita sendiri pernah tertular tanpa sadar?

Peluang kamu terpapar COVID-19 tanpa sadar sangat mungkin terjadi. Sebba penyakit itu tidak cuma menyebabkan gejala berat, melainkan juga gejala ringan seperti flu maupun asimtomatik atau tanpa gejala.

Tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah kamu sudah tertular COVID-19, kecuali dengan tes. Tapi menurut para ahli, ada sejumlah tanda yang bisa jadi petunjuk. Simak penjelasan berikut ini!

Ingat, tanda-tanda yang disebutkan ini berlaku untuk pasien dengan gejala COVID-19 ringan hingga sedang, bukan untuk pasien yang tidak menunjukkan gejala apa pun. 

1. Kamu pernah mengalami flu berat

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 freepik.com/freepik

COVID-19 punya gejala seperti flu. Misalnya demam, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, pusing, hingga mual atau muntah. Apakah kamu pernah mengalami gejala-gejala itu?

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa pada setiap dua kasus flu, salah satunya adalah COVID-19. Nika kamu pernah mengalami flu lebih dari seminggu, ada kemungkinan itu sebenarnya adalah COVID-19.

Terlebih lagi, sulit untuk membedakan gejala flu biasa dengan gejala COVID-19 ringan hingga sedang. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasinya adalah dengan melakukan tes, baik rapid test atau PCR.

2. Bersamaan dengan gejala flu, kamu kehilangan indra penciuman dan perasa

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 pexels.com/Ion Ceban @ionelceban

Ini salah satu gejala unik yang banyak dialami pasien COVID-19. Memang tidak terjadi pada semua pasien, tapi bisa jadi ini merupakan indikasi kuat terinfeksi SARS-CoV-2. 

Data dari American Academy of Otolaryngology menemukan bahwa gejala ini biasanya berlangsung dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Namun, pada beberapa kasus, pasien masih tidak bisa membedakan rasa dan aroma hingga berbulan-bulan setelah sembuh. 

3. Kamu merasa kelelahan tanpa sebab

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 unsplash.com/Shane

Banyak pasien COVID-19 yang merasakan fatigue atau rasa lelah berlebihan setelah sembuh. Kondisi itu membuat tubuh terasa lemas, terus mengantuk, dan sulit mengerjakan aktivitas berat.

Sebuah laporan dalam jurnal JAMA Network mengatakan bahwa 53 persen pasien mengalami kondisi ini hingga 60 hari setelah virus mengifeksi tubuh. Menurut hipotesis, rasa lelah ini timbul akibat respons dari imunitas kita. 

Akan tetapi, penting pula untuk diketahui bahwa fatigue tidak hanya terjadi pada pasien COVID-19. Ada banyak penyakit lain yang memiliki gejala seperti ini, seperti flu, anemia, diabetes, hingga depresi

Baca Juga: Jenis Mutasi Baru Virus Corona Menyebar di Inggris, Ini 5 Faktanya!

4. Kamu mengalami batuk

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 pexels.com/cottonbro

Salah satu gejala utama dari COVID-19 adalah batuk dalam jangka waktu yang lama. Pada umumnya, gejala ini terjadi dari awal infeksi hingga 21 hari setelahnya. Batuk yang dialami pasien biasanya bersifat kering, tanpa dahak atau lendir apa pun. Kondisi ini pula yang sering kali menyebabkan rasa sakit pada dada. 

Namun, sama seperti sebelumnya, gejala ini tidak hanya ada pada COVID-19. Batuk juga terjadi ketika kamu mengalami flu, alergi, dan berbagai penyakit lainnya. Jadi, jangan jadikan kondisi ini sebagai satu-satunya indikator. 

5. Terkadang kamu merasa sesak napas

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 medicalnewstoday.com

Masih ingat istilah long COVID? Ini merupakan efek jangka panjang yang dirasakan pasien setelah sembuh dari COVID-19. Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah sesak napas

Melansir Prevention, para ahli belum bisa memastikan seberapa lama kondisi ini dialami pasien. Namun, rasa sesak biasanya berhenti ketika inflamasi pada paru-paru sudah benar-benar membaik. 

6. Kamu mengalami kerontokan rambut tanpa sebab

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 alyasalon.com

Masalah yang satu ini memang jarang didengar oleh publik. Namun, menurut berbagai studi, rambut rontok adalah salah satu efek dari infeksi COVID-19 yang sering terjadi pada para penyintas.

Menurut penjelasan laman American Academy of Dermatology, kondisi yang disebut sebagai telogen effluvium ini terjadi karena demam yang dialami pasien. Rambut akan rontok lebih banyak daripada biasanya selama dua hingga tiga bulan setelah sembuh. 

7. Kamu sering sakit kepala

Ini 7 Tanda Kamu Tak Sadar Pernah Terpapar COVID-19 pexels.com/Andrea Piacquadio

Sakit kepala bisa terjadi karena banyak hal. Namun, kondisi ini juga bisa mengindikasikan bahwa kamu telah terjangkit COVID-19. Menurut laporan laman Novant Health, sakit kepala yang terjadi setelah pasien sembuh terasa sangat menyiksa.

Seluruh bagian kepala terasa berat dan seperti ditekan. Bahkan, rasa sakit terkadang menjalar hingga ke leher dan bahu. Kondisi yang termasuk dalam efek long COVID ini biasa berlangsung selama beberapa hari hingga bulan. 

Itulah sejumlah tanda yang mengindikasikan bahwa seseorang pernah terjangkit COVID-19. Namun sekali lagi, perlu diingat bahwa kondisi di atas juga bisa terjadi karena penyakit lainnya. Maka dari itu, walaupun kamu merasa mengalami tanda di atas, jangan buru-buru menyimpulkan, ya. 

Satu hal yang perlu diingat adalah COVID-19 bisa menyerang lebih dari sekali. Jadi, walaupun kamu pernah terjangkit di masa lalu, kamu masih bisa tertular lagi jika tidak berhati-hati. 

Langkah bijaksana untuk menanggapinya adalah dengan tetap melaksanakan semua protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker dengan tepat, sering mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan lain sebagainya. Terakhir, selalu jaga imunitas dengan menerapkan pola hidup sehat, ya!

Baca Juga: Makin Sehat di 2021, Ini 7 Hal yang Harus Ada di Resolusi Tahun Barumu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya