Comscore Tracker

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakit

Dampaknya tidak baik untuk tubuh meski dipanaskan

Dengan alasan berhemat, kita sering menyimpan bahan makanan untuk dikonsumsi beberapa kali. Misalnya memasak sekaligus untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Makanan sisa tinggal dipanaskan dengan microwave, magic jar, atau di atas teflon.

Tapi kenyataannya, tidak semua bahan makanan sisa baik untuk dimakan. Makanan tertentu bisa membuatmu sakit perut atau keracunan jika didiamkan lama lalu dipanaskan. Berikut ini di antaranya.

1. Jamur

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitunsplash.com/Marina Utrabo

Jangan sekali-kali menghangkatkan makanan sisa berbahan jamur. Organisasi European Food Information Council memperingatkan bahwa makanan tersebut mengandung protein yang bisa rusak karena bakteri dan enzim jika tidak disimpan dengan baik.

Jika dihangatkan kembali, kandungan protein itu berubah dan membuat kita sakit perut setelah memakannya. Untuk mengakalinya, pastikan simpan sisa jamur dalam wadah tertutup rapat di kulkas, dan jangan lebih dari tiga hari.

2. Bayam

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitunsplash.com/Louis Hansel @shotsoflouis

Bayam yang kaya zat besi dan nitrat sebenarnya sangat menyehatkan. Tapi saat dijadikan makanan sisa, semua manfaatnya akan hilang bahkan berubah jadi racun.

Dikutip dari Business Insider, memanaskan bayam mengubah kandungan nitrat di dalamnya menjadi nitrosamine. Beberapa jenis zat tersebut memiliki sifat karsinogenik atau bisa meningkatkan risiko kanker, serta menurutnkan kemampuan menyerap oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. 

3. Seafood

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitthedailymeal.com

Rahasia umum bahwa seafood lezat jika dinikmati dalam kondisi segar atau baru dimasak. Tapi berbeda halnya jika dihangatkan dan dimakan kembali.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), seafood mentah yang dibekukan aman dimasak kembali. Tapi tidak demikian dengan seafood mentah maupun matang yang telah disajikan. 

Seafood yang disimpan dalam suhu ruangan rentan jadi sarang bakteri. Memakannya bisa membuatmu keracunan atau terserang gangguan pencernaan. FDA bahkan merekomendasikan untuk membuang seafood yang telah berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam. 

Baca Juga: 7 Hal Ini Akan Terjadi kalau Kamu Berhenti Makan Daging

4. Kentang

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitunsplash.com/imablankers

Beralih dari seafood, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi kentang sisa semalam, baik yang direbus, dikukus, ataupun dipanggang. Apa alasannya?

Dilansir The Healthy, sisa kentang yang dibiarkan begitu saja di suhu ruangan berisiko untuk ditumbuhi Clostridium botulinum. Ini merupakan bakteri penyebab botulisme, keracunan makanan yang menyerang sistem saraf. 

Jadi sebaiknya, jika kentang yang kamu santap tidak habis, segera masukkan ke dalam wadah berpenutup yang kedap udara. Kemudian, simpan di dalam kulkas agar bakteri tidak bisa tumbuh di sana. 

5. Nasi

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitunsplash.com/Pille-Riin Priske

Salah satu bahan makanan yang sering tersisa adalah nasi. Biasanya, masyarakat memanfaatkan sisa nasi semalam untuk diolah kembali menjadi nasi goreng. Iya, kan? 

Akan tetapi, kebiasaan tersebut sebaiknya segera kamu ubah. Sebab, hal ini akan memicu fried rice syndrome, yaitu keracunan makanan akibat bakteri Bacillus cereus yang berakumulasi di dalam nasi sisa, terutama yang dibiarkan di suhu ruangan dalam waktu lama. 

Kondisi tersebut bahkan pernah menjadi kejadian luar biasa di sekitar tahun 1970-an, lho. Hingga kini, sudah ada sekitar 63 ribu orang yang jatuh sakit karenanya. Gejala fried rice syndrome meliputi diare, mual, muntah, dan kram perut.

6. ASI

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitwilliam-reed.com

Air susu ibu atau ASI sebaiknya segera diminum atau disimpan di dalam kulkas jika ada sisa. Sebab di suhu ruangan, ASI hanya bisa bertahan sekitar 4-6 jam saja sebelum akhirnya basi.

Jangan pernah menghangatkan kembali ASI di suhu tinggi atau memanaskannya dengan microwave. Hal ini akan menghancurkan semua nutrisi baik yang terkandung di dalamnya, seperti antibodi, vitamin, dan protein.

Selain itu, cara tersebut akan memunculkan bintik-bintik pada ASI yang berbahaya untuk pencernaan anak.

Cara terbaik untuk mencairkan ASI adalah sebagai berikut:

  • Letakkan botol di wadah berisi air hangat;
  • Siram botol yang tertutup dengan air suhu normal atau hangat;
  • Gunakan penghangat ASI elektrik. 

7. Telur

Hindari! 7 Bahan Makanan Sisa yang Berisiko Bikin Kamu Sakitwikimedia.org

Telur bukanlah makanan yang sering disisakan oleh masyarakat. Sebab, porsinya kecil dan cukup untuk sekali makan. Meskipun begitu, hindari menyisakan telur untuk dimakan atau dipanaskan kembali, ya. 

Dilansir The Healthy, hampir semua telur mengandung bakteri salmonela. Bakteri tersebut akan mati ketika kita memasaknya dengan baik. Namun, mikroorganisme tersebut bisa kembali mengontaminasi sisa telur yang dibiarkan di suhu ruangan. 

Mereka akan berkembang biak dalam jumlah yang besar dan menimbulkan keracunan. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi telur yang telah dimasak hingga habis, ya, jangan disisakan!

Itulah 7 bahan makanan sisa yang tidak baik untuk dihangatkan ataupun dikonsumsi kembali dan bisa membuatmu sakit. Ikuti saran-saran yang dijelaskan di atas agar kamu tidak mengalami gangguan pencernaan, ya!

Baca Juga: Perut Begah dan Kembung? Hindari 9 Makanan Pemicu Gastroparesis Ini!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya