Comscore Tracker

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung Segar

#IDNTimesLife Selamat tinggal mata panda!

Kantung mata atau lingkaran hitam dimiliki hampir setiap orang, salah satu faktornya adalah dengan bertambahnya usia. Dilansir blissoma.com seiring bertambahnya usia kulit pada bagian area bawah mata akan mengalami kurangnya jumlah produksi kolagen sehingga membuat kulit terlihat lebih tipis atau kendur.

Namun, kamu gak perlu khawatir 5 tips di bawah ini bisa kamu terapkan untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata. Langsung simak yuk!

1. Menggunakan teh hijau untuk mengompres mata

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung SegarTeh hijau (unsplash.com/naive_eye)

Teh bukan hanya sekadar untuk menjadi minuman. Kamu bisa memanfaatkan teh hijau celup untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata dengan cara mengompresnya. Pastikan untuk menggunakan teh celup yang telah didinginkan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan kafein yang ada pada teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu, juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan memperlambat proses penuaan.

2. Menggunakan kompres dingin

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung Segares batu (Pexels.com/Enrique Zafra)

Selain menggunakan teh hijau untuk mengompres mata, kamu bisa menggunakan kompres dingin lain seperti menggunakan air dingin atau es. Caranya kamu bisa menggunakan lap bersih yang sudah direndam air dingin terlebih dahulu atau juga bisa menggunakan es yang sudah dibungkus kain tersebut.

Kamu juga bisa mengganti air dingin atau es dengan  potongan mentimun dan sendok besi yang sudah didinginkan. Untuk mengompres mata sendiri kamu cukup mengompresnya selama 10-15 menit saja.

3. Memperbaiki pola tidur

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung Segarilustrasi orang tidur (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Penyebab lain yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di area mata adalah kurangnya tidur yang menyebabkan mata menjadi lelah. Maka dari itu, cobalah untuk tidur selama 7-9 jam di setiap malamnya agar lingkaran hitam pada bawah mata memudar.

Posisi saat tidur juga dapat membantu kamu mengatasi lingkaran hitam, lho. Kamu bisa menggunakan bantal untuk menopang kepala dan tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Cara ini dipercaya dapat mencegah adanya penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk untuk Samarkan Mata Panda, Ada Skincare & Makeup

4. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung Segarilustrasi minum air putih (Pexels.com/Daria Shevtsova)

Selain terhindar dari dehidrasi, terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh juga menjadi cara untuk mencegah terbentuknya lingkaran mata. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengonsumsi air setidaknya 2 liter per hari dan mengurangi asupan makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

Jika kamu sering lupa untuk mengonsumsi air minum sebanyak 2 liter, kamu bisa membeli botol air minum khusus yang kamu bawa ke mana-mana. Dengan cara ini kamu bisa menakar berapa banyak kekurangan air minum harian. Yuk, mulai disiplin untuk bergaya hidup sehat!

5. Menggunakan sunscreen setiap hari

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Kantong Mata, Langsung Segarmenggunakan sunscreen (Pexels.com/Shiny Diamond)

Terlalu sering terkena paparan mata hari juga menjadi faktor lain yang menyebabkan lingkaran di bawah mata. Pasalnya, sinar matahari mampu mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin dan pigmen yang memberi warna pada kulit.

Maka dari itu, penggunaan sunscreen sangat amat diwajibkan baik saat keluar rumah ataupun hanya berada di rumah. Pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali sekiranya 2-3 jam setelahnya, ya!

Itulah tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata alias Mata Panda, Seperti Apa?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya