Comscore Tracker

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasa

 Tetap patuhi yang jadi batasan dirimu

Umat Muslim diwajibkan berpuasa di bulan Ramadan. Di Indonesia, orang menahan diri dari makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

Meski tubuh tanpa asupan nutrisi dari pagi hingga petang, bukan berarti orang yang berpuasa tidak boleh berolahraga. Kamu tetap bisa melakukan berbagai latihan untuk menjaga kebugaran selama Ramadan, selama memperhatikan lima hal penting berikut ini.

1. Jaga agar intensitas kardiomu tetap rendah

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasaaquila-style.com

Menurut dailyburn.com, napas adalah penanda terbaik dari intensitas olahragamu. Jika saat olahraga kamu masih bisa bercakap-cakap dengan lancar, atau napasmu masih normal, itu berarti intensitasnya masih di batas wajar.

Lain halnya kalau sekadar mengeluarkan kalimat dari mulut saja susah. Lebih baik hentikan sejenak olahragamu. Jangan sampai puasamu batal karena kamu tidak bisa mengontrol diri.

2. Tingkatkan intensitas olahragamu hanya jika kamu sudah makan

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasayoutube.com

Kamu bisa berolahraga setelah berbuka puasa. Tapi usahakan tidak terlalu mepet dengan jam tidur, supaya kamu bisa mendapatkan istirahat berkualitas.

Hindari juga berolahraga langsung setelah makan. Tunggulah sekitar 1,5 jam supaya pembakaran lemak bisa optimal, serta tidak mencederai pencernaanmu.

Baca juga: Punya Sakit Maag? Kamu Harus Lakukan 5 Hal Ini Saat Puasa

3. Ketika kamu makan, fokus perbanyak asupan yang tinggi kandungan protein

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasamirror.co.uk

Dilansir dari idmprogram.com, protein sangat dibutuhkan terutama jika kamu memang ingin membentuk otot-otot tubuhmu lebih tegas. Kamu sangat perlu makan protein, bahkan sebelum dan sesudah olahraga.

Karenanya, untuk cara ini sebaiknya dilakukan di pagi buta sebelum sahur atau di malam hari setelah berbuka. Beri asupan protein secukupnya saat akan berolahraga sebelum waktu sahur.

4. Multivitamin, buah-buahan dan sayur adalah sahabat baikmu

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat PuasaPhoto by Brooke Lark on Unsplash

Makan kenyang yang disusul olahraga tentu akan membuatmu kesakitan. Namun makan sedikit-sedikit buah dan sayur di antara repetisi olahragamu itu cara yang baik. Karena kamu akan terus memberi energi pada tubuhmu untuk berolahraga, sambil menyerap semua nutrisinya. Di saat sahur dan akan tidur, jangan lupa minum multivitamin.

5. Kamu perlu waspada soal tingkat keringatmu

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasablog.suny.edu

Berolahraga sampai berkeringat itu tidak apa-apa, tapi hati-hati jangan sampai badanmu terlalu dibasahi keringat ya! Bukan masalah basahnya, tapi kemungkinan dehidrasi yang bisa kamu alami. Jadi jika kamu merasa ketiakmu mulai basah, atau beberapa bulir keringat mulai menetes dari kepalamu, sudahi saja dulu.

5 Tips Olahraga di Bulan Ramadan, agar Tetap Fit saat Puasanewspakistan.tv

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan kalau tetap ingin berolahraga di saat puasa. Untuk kamu yang mudah mengantuk, olahraga ringan memang dianjurkan untukmu agar kamu bisa tetap produktif. Karena saat puasa energi dari nutrisimu perlu digunakan seefektif mungkin.

Selamat beraktivitas! Semoga puasa kamu lancar, ya!

Baca juga: Pelajari 5 Kesalahan Ini Supaya Kamu Gak Tambah Gendut Setelah Puasa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya