Comscore Tracker

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan

Bisa menguatkan sistem imun juga lho!

Es krim merupakan menu favorit bagi hampir semua orang. Digemari karena rasanya yang nikmat dan sensasi dingin menyegarkan. Di dunia ini, mungkin cuma segelintir orang yang gak doyan.

Saat ini kita bisa menemui es krim dalam berbagai varian rasa, yang cocok dengan lidah siapa saja. Kenikmatannya semakin terasa saat dikonsumsi di tengah cuaca terik atau musim panas.

Tapi, ternyata es krim gak cuma lezat. Es krim juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang tak terduga. Berikut ini beberapa di antaranya, yang belum banyak diketahui!

1. Mengandung vitamin dan mineral

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk KesehatanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Es krim mengandung susu dan krim. Bahan itu merupakan sumber kalsium, vitamin D, riboflavin, vitamin A, dan fosfor. Es krim juga menyimpan kandungan lain tergantung rasa es krim yang kamu konsumsi.

Contohnya rasa vanila yang mengandung antioksidan, kalsium, mangan, magnesium, seng, dan zat besi. Atau cokelat hitam dengna kandungan antioksidan dan flanavoid yang berguna melindungi jantung.

2. Merangsang otak bekerja lebih baik

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatanpopsugar.com

Menurut hasil penelitian di Kyorin University, es krim membantu kita lebih fokus menjalani aktivitas. Dijelaskan bahwa mengonsumsi es krim pada pagi hari memberi dorongan kepada otak agar bekerja lebih efektif.

Menurut kalangan ahli diet, es krim juga meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Zat itu memicu kita lebih waspada dan terjaga.

3. Sumber energi

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk KesehatanPexels/VisionPic.net

Dilansir laman Little Things, es krim adalah salah satu sumber energi. Itu karena kandungannya yang didominasi gula.

Gula pada es krim mengandung glukosa, salah satu nutrisi utama yang menjadi bahan bakar bagi tubuh. Itu sebabnya makan es krim membuatmu lebih semangat menjalani hari. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan, ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Lemak Tubuh Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Menguatkan tulang

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatanhealthcareworkersalary.com

Kamu harus bisa menjaga kesehatan tulang sejak dini berhubung ketika tua nanti, tulang akan menjadi semakin rapuh. Buktinya, sejak kamu masih anak-anak pasti telah diberitahu kalau kalsium membantu kamu membangun tulang dan gigi yang kuat. Faktanya, 99 persen dari tulang dan gigi terbuat dari kalsium.

Untungnya, es krim juga mengandung kalsium. Karena tubuh kamu tidak memproduksi kalsium secara alami, maka kamu harus menemukan cara untuk memasukkan kalsium ke dalam tubuh. Caranya pun banyak, bisa melalui makanan, suplemen, dan tentu saja es krim!

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehataneverydayhealth.com

"Ini serius es krim bisa meningkatkan imun?"

Yap, kamu tidak salah baca. Pasalnya, es krim merupakan bentuk susu fermentasi yang mana bisa membantu melindungi tubuh kamu dari infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

Semakin kuat usus dan sistem pernapasan kamu, semakin kuat sistem kekebalan tubuh kamu. Apalagi di tengah pandemi virus corona ini kamu wajib punya sistem imun yang kuat.

6. Mencegah kanker payudara

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatanexpress.co

Beberapa wanita yang terkena kanker payudara memiliki satu kesamaan, yakni kekurangan kalsium. Jika kamu tidak yakin mendapatkan cukup kalsium dalam tubuh kamu, segera kunjungi dokter.

Es krim juga efektif untuk dimasukkan ke dalam list diet kamu. Terbukti bahwa diet yang kaya akan kalsium adalah salah satu cara utama untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

7. Mendatangkan kebahagiaan

Tak Terduga, Ini 7 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatanpixabay.com/Disarm

Di film-film, kamu pasti sering menemukan orang yang sedih (terutama karena putus cinta) selalu menyendiri sambil memakan es krim. Usut punya usut, itu merupakan sesuatu yang nyata di mana es krim bisa membuat kamu tenang sekaligus mendatangkan kebahagiaan.

Es krim membantu memproduksi serotonin. Itu adalah sebuah hormon yang menimbulkan rasa nyaman di dalam tubuh. Berhubung mengonsumsi es krim efektif untuk mendatangkan kebahagiaan, beberapa profesional medis merekomendasikan bahwa kamu harus selalu menyimpan es krim di dalam rumah untuk berjaga-jaga. Kita tidak pernah tahu kan kapan kesedihan akan menyerang?

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh es krim. Meskipun punya segudang manfaat, tapi ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat. So, tetap kontrol konsumsi es krim kamu ya.

Baca Juga: Gak Cuma Enak dan Segar, Ini 7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya