Comscore Tracker

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannya

Mimpi buruk erat kaitannya dengan rasa takut

Mengisolasi diri untuk menekan penyebaran COVID-19 yang disebabkan virus Corona tidak sepenuhnya sehat. Membatasi sosialisasi serta tidak keluar rumah atau kamar bisa memicu gangguan mental, salah satunya mimpi buruk.

Menurut laman Stanford Health Care, mimpi buruk adalah mimpi menakutkan yang memberikan gambar mengerikan atau menimbulkan perasaan negatif. Saat bangun dari tidur, orang biasanya bisa menceritakan mimpi itu secara detail saking menakutkannya.

Apa hubungan mimpi buruk dengan isolasi atau wabah corona? Pernahkah kamu mimpi buruk tentang virus mematikan ini selama social distancing? Apa arti mimpi burukmu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mimpi Pasangan Selingkuh Itu Tanda Hubungan Sedang Tidak Baik

1. Mimpi buruk berhubungan erat dengan rasa takut

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyamattressexpressny.com

 Menurut artikel Medical News today, ada lima hingga enam persen dari populasi individu manusia yang mengalami mimpi buruk. Penelitian terkait psikologi seseorang menunjukkan bahwa seseorang mengalami mimpi buruk karena terkumpulnya rasa takut dan trauma pada dirinya.

Salah satu contoh umum adalah prajurit yang baru tiba dari peperangan, sering kali tidak bisa tidur karena mengalami mimpi buruk tidak berkesudahan. Mereka trauma dengan masa-masa gelap selama perang, dan mimpi buruk tentang itu terus berulang.

2. Mimpi buruk turut didukung oleh depresi dan kecemasan

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyamarketwatch.com

Sebuah artikel StanfordHealth Care menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebab mimpi buruk adalah masalah kecemasan. Seseorang yang mengalami kecemasan berlebihan membuatnya memikirkan hal yang sama terus-menerus, sehingga terbawa ke dalam mimpi. Sering kali, kasus seperti ini membutuhkan obat-obatan lebih sebagai penenang dan tidak berpikir terlalu banyak.

3. Mimpi buruk di tengah wabah corona dipengaruhi banyaknya informasi

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyabalidiscovery.com

Saat wabah corona seperti ini, berita-berita buruk terus disiarkan oleh media. Menurut Dorothy Frizelle, seorang psikolog asal Inggris di laman qz.com, informasi-informasi tersebut membuat masyarakat masuk ke dalam situasi super waspada sehingga info itu terus berputar di dalam otak.

Saat terus berseliweran, orang mengartikan berita buruk sebagai sebagai ancaman. Lebih lanjut, qz.com menuliskan bahwa pada dasarnya memori manusia sangatlah menipu. Informasi yang masuk secara terus menerus membuatmu mempercayainya. Solusinya, pilahlah informasi yang bermanfaat untukmu. Jika kamu sudah melakukan upaya pencegahan sesuai imbauan WHO dan pemerintah, jangan takut.

Baca Juga: Sering Disalahpahami, Ini 5 Kekeliruan Tentang Kesehatan Mental 

4. Ruangan sempir di kamar dan rumah juga memicu depresi

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyapinterest.co.uk

Menurut penjelasan Young Post, ada keterkaitan antara ruang dan depresi yang dialami manusia. Kian kecil dan berantakan kamar yang didiami, orang akan semakin berpeluang besar mengalami depresi.

Menurut Dr Esslin Terrighena, psikolog yang diwawancara Young Post, depresi dimunculkan lewat rasa frustrasi yang kamu dapatkan. Lucunya rasa frustrasi tersebut susah dihilangkan karena kamu sendiri bingung harus membereskannya mulai dari mana.

Di titik ini otak tidak berhenti bekerja dan terus memikirkan permasalahan ini. Sekalipun beristirahat, yang terjadi adalah kamu lelah karena kamu pun masih tetap memikirkan permasalahan ini yang mana secara alami kekacauan menimbulkan rasa tidak aman.

Umumnya hal ini bisa diatasi dengan cara bersosialisasi dengan tatap muka yang mana kamu mencurahkan permasalahanmu ke seorang kawan demi mendapatkan solusi. Sayangnya itu juga tidak bisa dilakukan karena masa isolasi.

5. Lebih dari itu, bisa jadi mimpi burukmu merupakan gambaran trauma yang kamu miliki

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyagold.ac.uk

Seperti contoh kasus di poin pertama, bisa jadi mimpi burukmu datang dari trauma. Sigmun Freud, peneliti ternama yang dikenal juga sebagai bapak psikologi, menjelaskan jika mimpi buruk merupakan gambaran apa yang kamu alami. Lewat bukunya "Interpretation of Dream," dia menjelaskan jika mimpi buruk tersebut terus berulang, maka kamu perlu melihat objek-objek di mimpi itu.

Objek yang terus terulang merupakan tanda dari masalah yang harus kamu atasi. Dengan memahami apa arti dari tanda tersebut, barulah kamu bisa menyingkirkan mimpi buruk yang kamu alami.

Dalam konteks terkait virus corona, coba kamu memvisualisasikan bahwa virus itu akan lenyap jika kamu selalu rajin menjaga kebersihan. Bayangkan ia musnah setiap kamu membersihkan diri dan lingkunganmu.

6. Mimpi buruk yang muncul mempengaruhi psikis dan fisikmu

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyamedicalnewstoday.com

Rasa takut dan depresi inilah pada akhirnya berakhir muncul pada mimpimu, menyebabkan mimpi buruk muncul. Akibat mimpi buruk tersebut, kamu tidak bisa tidur dengan tenang dan beristirahat secara penuh, membuatmu semakin depresi dan cemas. Pikiran-pikiran menyusahkan ini mulai menghantuimu dan melemahkan fisikmu disebabkan kurangnya tidur.

Ada pun efek dari kurang tidur tersebut membuat sistem imunmu melemah sehingga kamu mudah sakit. Selain itu diketahui dari Health Line jika sedikit banyak juga akan mengganggu sistem pernapasan dan kardiovaskularmu. Jika dihubungkan dengan virus Corona, kamu pun menjadi lebih rentan terhadap serangan virus ini.

7. Membersihkan kamar sekaligus mengurangi penerimaan informasi adalah salah satu cara mengurangi frekuensi mimpi buruk

Kamu Mengalami Mimpi Buruk tentang Corona? Ini Penjelasannyanbcnews.com

Melihat penjelasan ini, seharusnya kamu sudah mengetahui setidaknya apa yang menyebabkan munculnya mimpi buruk di masa isolasi. Termasuk pembatasan diri terhadap banyak hal, walau kamu termasuk orang yang masih tetap harus di luar ruangan.

Maka solusi termudah dari masalah ini adalah rutin membersihkan kamarmu, serta mengurangi akses internet dan berita,. Kamu bisa juga menjadwalkan khusus untuk mengakses internet. Jika solusi ini tidak mampu menghilangkan mimpi burukmu, ada baiknya kamu hubungi psikolog, karena bisa jadi semua itu datang rasa trauma yang kamu miliki.

Ada banyak cara untuk menjauhkan pikiran-pikiran buruk selama masa lockdown. Kamu bisa membaca buku, bermain game atau membuat karya-karya seperti lukisan dan lain sebagainya. Jangan terlalu memikirkan kondisi di luar atau terlalu paranoid.

Santai saja. Selama kondisi tubuhmu tetap terjaga sehat dan lingkunganmu bersih, tidak akan ada masalah kok.

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Mimpi Buruk, Awas Jadi Makin Susah Tidur!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya