Comscore Tracker

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledri

Mengurangi berat badan hingga meningkatkan gairah seks

Saat makan bakso atau makanan berkuah, mungkin kamu akan menemui sayuran daun seledri. Sayuran hijau dengan bentuk daun bergerigi itu sering digunakan hiasan.

Banyak orang yang belum menyadari bahwa di balik fungsinya sebagai hiasan, seledri menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut sebuah riset dalam Jurnal LWT – Food and Science Technology, salah satu kandungan seledri adalah antioksidan.

Seledri mungkin tidak berisi vitamin atau mineral sebanyak sayuran lain, tapi merupakan sumber bagus untuk vitamin K. Berikut ini sejumlah khasiat atau manfaat kesehatan daun seledri yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi berat badan

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledrihealthleisure.com

Kalau ingin menurunkan berat badan atau diet sehat, kamu bisa mengonsumsi seledri yang bisa membantumu untuk itu. Seledri mengandung kalori kecil, yakni 10 kalori per satu tangkai, tapi kandungan seratnya cukup tinggi. Bisa bikin kamu kenyang dalam waktu lama.

2. Mencegah peradangan

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledriwellandgood.com

Menurut sebuah studi NCBI tentang nutrisi dan makanan, jus seledri ampuh mengurangi aktivitas tumor otak. Di samping utu juga bisa mencegah peradangan. Ini ada hubungannya dengan kandungan luteolin pada seledri yang bisa menghambat COX-2, yakni enzim pemicu peradangan.

3. Mencegah dehidrasi

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledrinpr.org

Dalam seledri terdapat banyak kandungan cairan. Menurut Ware yang dikutip dari livescience.com, 95 persen kandungan seledri terdiri dari air. Sayuran ini cocok dikonsumsi untuk menaikkan cairan tubuh atau untuk menghindari tubuh dehidrasi.

Baca Juga: 10 Langkah Tepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat, Lebih Sehat!

4. Mencegah mulas

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledriforbes.com

Dikatakan jika seledri adalah obat alternatif untuk mengatasi mulas yang sudah digunakan sejak zaman dulu. Riset dari Annals of Otology, Rhinology & Laryngology menunjukkan jika seledri rendah asam, membuatnya cocok untuk dikonsumsi mereka yang memiliki tingkat asam lambung tinggi.

5. Merendahkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledriaussieketoqueen.com

Seperti yang sudah dikatakan jika seledri kaya akan serat dan serat ini mampu mendorong komponen kolesterol dalam lambung untuk keluar.

Memang penelitian akan hubungan serat dengan kolesterol pada manusia masih kurang, tetapi ini sudah terbukti pada hewan dan para peneliti percaya hal yang sama terjadi pada manusia.

6. Melancarkan pencernaan

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledriorganicauthority.com

Serat pada seledri juga dapat melancarkan pencernaan. Belum lagi ditambah adanya kandungan antioksidan pada seledri, membuat usus menjadi lebih sehat.

Penelitian yang dipublikasikan pada Pharmaceutical Biology menunjukkan jika tikus percobaan yang makan seledri memiliki lambung lebih baik.

7. Meningkatkan gairah seks

Biasa Dijadikan Hiasan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledritimesofindia.indiatimes.com

Seledri dikatakan juga punya efek terhadap masalah seks. Karena mengandung androstenone dan androstenol (feromon pria), seledri mampu membuat pria yang memakannya menjadi lebih menarik. Alan R. Hirsh, penulis buku Scentsational Sex: The Secret to Using Aroma for Arousel, menunjukkan hal tersebut dalam bukunya.

Dalam sebuah hidangan seledri sering dikira hanya sekadar hiasan saja, tetapi sebenarnya sayuran tersebut bisa dimakan dan membawa banyak manfaat.

Cobalah untuk mengonsumsinya dengan dibarengi makanan yang lain agar tidak terasa seperti memakan sayuran biasa. 

Bagi yang menjalani diet, cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran ini karena manfaatnya yang mampu menurunkan berat badan. 

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat daun seledri yang ternyata punya banyak keuntungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya untuk pengetahuan kamu.

Baca Juga: Cocok untuk Menu Diet, 5 Manfaat Sehatnya Konsumsi Batang Seledri

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya