Comscore Tracker

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadan

#RamadanDiRumah Tips buat orang yang bosan kurus nih

Sebagian orang memilih bulan Ramadan sebagai waktu untuk diet dan menurunkan berat badan. Kewajiban menahan lapar dan haus membantu orang untuk menolak godaan mengisi perut.

Tapi nyatanya tidak semua orang ingin kurus. Ada juga yang sebaliknya sudah bosan kurus dan ingin menaikkan berat badannya. Tapi, emang bisa menaikkan berat badan saat harus menjalani puasa di bulan Ramadan. Jawabannya, bisa. Yuk intip beberapa triknya di bawah ini.

1. Lakukan olahraga ringan sebelum makan

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanmenolabs.com

Menurut penelitian di Journal of Clinical and Diagnostic Research tahun 2017, berolahraga bisa menambah nafsu makan. Karena itu, berolahraga sebelum makan bisa memicumu menambah porsi makan sehingga berdampak pada berat badan.

Jurnal yang sama memuat fakta menarik, bahwa frekuensi makan yang tinggi tidak berdampak besar pada kenaikan berat badan. Yang menjadi penentu berat badan naik adalah keseimbangan pola makan.

2. Memilih makanan yang kaya karbohidrat dan protein

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanrachaelrayshow.com

Berat badan juga bisa dipengaruhi oleh pilihan makanan. Jika kamu ingin berat badanmu naik, sebaiknya pilih makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Misalnya roti gandum atau sereal oatmeal.

Selain itu tambahkan dengan makanan dengan kandungan banyak protein, seperti ayam, daging merah, telur, serta produk susu olahan. Makanan itu bisa menambah bobot badan sembari membantumu menahan rasa lapar.

3. Konsumsi makanan manis

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanaustralianteamasters.com.au

Siapa yang senang makan es buah? Selain rasanya menyegarkan, rasa manis pada es buah juga bisa membantumu menaikkan berat badan, demikian isi artikel dari Food & Nutrition Research di tahun 2012.

Yang perlu kamu ketahui, makanan manis untuk menaikkan berat badan sebaiknya menggunakan pemanis alami dan bukan gula buatan. Meski gula buatan bisa membantu menaikkan berat badan, itu tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Puasa yang Mengganggu Produktivitas

4. Minum suplemen

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanabcnews.go.com

Cobalah memberikan sentuhan berbuka puasa atau sahurmu dengan suplemen. Suplemen kreatin dan protein mampu menambah berat badanmu. Menurut healthline.com, suplemen tersebut mempromosikan kenaikan massa otot sehingga kenaikan beratmu bukan datang dari lemak, melainkan dari otot yang membesar.

5. Menambah porsi makan

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanwomanandhome.com

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya jika berolahraga sedikit banyak akan membuatmu lebih mudah terasa lapar dan ingin memakan banyak makanan. Jika mau, kamu bisa menambah porsi makananmu. Kalori yang lebih banyak masuk akan membantumu mendapatkan berat yang diinginkan.

Tapi perlu diingat saja menambah makanan dalam skala besar dan mendadak juga tidak baik bagi kesehatan. Karena itu bagusnya kamu mengaturnya sesuai dengan kemampuan isi perut.

6. Perbanyak minum air putih

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadanpro-belle.com

Tampak sederhana memang, tetapi banyak meminum air putih dapat menaikkan berat badanmu. Selain itu tubuhmu juga terus terhidrasi dan tidak mudah haus hingga mengganggu puasa.

Namun sebisa mungkin hindari minum banyak air putih sebelum makan. Hal ini bisa menunda lapar dan malah membuat porsi makan menjadi lebih sedikit.

7. Sering-seringlah makan

Puasa Tapi Tetap Gemuk? Ini 7 Cara Menambah Bobot Badan selama Ramadannypost.com

Umumnya ada dua tipe orang dalam hal makan: tipe yang makan banyak dalam satu porsi, namun cukup sekali saja dan tipe yang makan sedikit, namun sering. Jika kamu tipe yang kedua, kamu bisa mencoba memperbanyak makanmu dengan mengudap. Baiknya camilan yang kamu makan ini merupakan camilan ringan yang agak berbobot dengan kandungan kalori yang cukup tinggi.

Sebenarnya menaikkan berat badanmu di kala puasa jauh lebih sehat ketimbang di hari biasa. Minimal kamu perlu mengatur makanmu dan tidak bisa sembarangan seperti di hari biasa. Berusahalah dan tetap semangat jalani puasa, ya.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Mual saat Puasa, Alami tapi Ampuh

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya