Comscore Tracker

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigen

Tekning proning dipraktikkan dengan posisi tengkurap

Belakangan ini terjadi kelangkaan tabung oksigen akibat melonjaknya kasus COVID-19. Kalau pun ada, harganya naik berkali-kali lipat. Di satu sisi, rumah sakit yang penuh tak mampu menampung tambahan pasien.

Saat terpapar virus corona, paru-paru pasien tidak berfungsi secara optimal. Suplai oksigen ke dalam tubuh berkurang, sehingga terjadi sesak napas dan tubuh melemah. Itu alasan sebagian pasien COVID-19 butuh tabung oksigen untuk menjaga kadar saturasi oksigen.

Ada sebuah teknik yang dipercaya bisa meningkatkan tingkat kadar oksigen, yakni proning atau prone position. Sesuai namanya, teknik ini dipraktikkan dengan posisi tidur tengkurap. Seperti apa tekniknya dan bagaimana teknik tersebut bekerja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Posisi tengkurap membantu meningkatkan kadar oksigen

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigenilustrasi pengecekan saturasi oksen dengan pulse oximeter (prameyanews.com)

Pengaruh teknik proning terhadap peningkatan kadar oksigen dijelaskan dalam sebuah laporan berjudul "Prone Position in Acute Respiratory Distress Syndrome", yang terbit European Respiratory Journal tahun 2002.

Dijelaskan dalam laporan itu, posisi tengkurap memicu distribusi tekanan berlebih pada paru-paru dibandingkan posisi telentang. Tekanan itu mendorong peningkatan alirah darah, sehingga kadar oksigen pada pembuluh darah ikut naik.

Efeknya sudah teruji secara ilmiah pada pasien yang mengalami gangguan atau penyakit pernapasan, seperti sindrom gangguan pernapasan akut atau acute respiratory distress syndrome (ARDS)

2. Posisi tengkurap bisa menjadi alternatif bila ventilator tidak tersedia

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigenposisi tengkurap untuk pasien COVID-19 (emj.bmj.com)

Rumah sakit menangani pasien dengan kondisi saturasi oksigen yang menurun dan sulit bernapas dengan penggunaan ventilator. Namun alat itu terbatas, sehingga tidak semua pasien yang membutuhkan bisa terjangkau.

Di sinilah teknik proning bisa menjadi opsi bisa jadi opsi untuk tenaga kesehatan menaikkan saturasi oksigen pasien.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Rumah Sakit Penuh, Ini 5 Panduan Isolasi Mandiri COVID-19

3. Teknik proning juga bisa diterapkan untuk pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigenilustrasi prone position (IDN Times/Sukma Shakti)

Teknik proning bisa diterapkan oleh pasien COVID-19 yang mejalani isolasi mandiri. Panduannya tertulis dalam laporan berjudul "Guidance and Patient Instructions for Proning and Repositioning of Awake, Nonintubated COVID-19 Patients" dalam jurnal Academic Emergency Medicine tahun 2020.

Sebelum memulainya, siapkan dulu tiga sampai lima bantal untuk menyangga tubuh. Setelahnya, lakukan posisi ini:

  1. Berbaring tengkurap;
  2. Berbaring menyamping ke kanan;
  3. Duduk kembali;
  4. Berbaring menyamping ke kiri.

Jika sudah sampai ke posisi empat, kembalilah ke posisi pertama. Kamu bisa mengulangi siklus ini selama 16 jam atau sebanyak yang diperlukan.

Durasi tiap posisi yang disarankan adalah 30 menit sampai dua jam. Seharusnya kamu akan segera merasakan perbaikan dalam bernapas setelah atau setidaknya beberapa menit sesudah berganti posisi.

Akan tetapi, bila ada posisi yang membuatmu tidak nyaman atau menimbulkan sakit, jangan dipaksakan. Lewati saja posisi tersebut.

Yang terpenting adalah tidak berbaring telentang. Beri jeda pula untuk tidak berbaring sehabis makan, setidaknya tunggu sekitar satu jam.

4. Sudah diterapkan di berbagai negara

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigenilustrasi posisi tengkurap untuk pasien COVID-19 (twitter.com/@airwaycam)

Sekadar informasi, teknik proning position ini sudah diterapkan di berbagai negara dalam menangani pasien COVID-19, seperti: Amerika Serikat, Tiongkok, Prancis, Italia, hingga India.

Sudah cukup banyak penelitian di jurnal kesehatan yang membahas metode tersebut, memastikan bahwa teknik tersebut memang benar bisa diaplikasikan ke pasien COVID-19 untuk membantu melancarkan pernapasan.

5. Hubungi petugas kesehatan bila teknik proning tidak membantu

Kenali Cara Teknik Proning untuk Menaikkan Saturasi Oksigenilustrasi tenaga kesehatan (IDN Times/Sukma Shakti)

Meskipun teknik proning dapat membantu meningkatkan kadar oksigen, tetapi ini bukan solusi utama untuk meningkatkan saturasi oksigen.

Jika sudah mempraktikkan teknik proning tapi tidak merasakan perubahan, membuat tidak nyaman, apalagi sampai mengalami perburukan kondisi, segera hubungi petugas kesehatan.

Penting untuk rutin cek saturasi oksigen dengan oksimeter bila kamu sudah terkonfirmasi positif COVID-19. Teknik proning bisa untuk dicoba meningkatkan saturasi oksigen. Akan tetapi, tetap laporkan terus kondisimu ke petugas kesehatan, khususnya bila teknik proning tak membuahkan hasil dan gejala dirasakan memburuk.

Baca Juga: CDC: Air Purifier Bisa Mengurangi Aerosol Virus Corona SARS-CoV-2

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya