Comscore Tracker

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandi

Dari mudah stres sampai berisiko terkena penyakit

Selama menjalani aktivitas di rumah, kamu mungkin malas mandi. Sebagian orang beralasan mereka tak perlu mandi karena tak harus kemana-mana serta tak perlu bertemu orang.

Yang patut kamu ketahui, malas mandi berdampak pada sejumlah masalah kesehatan. Dampaknya bisa terasa secara langsung di tubuh.

Jurnal NCBI berjudul “Physical and Mental Effects of Bathing: A Randomized Intervention Study” mengungkapkan fakta bahwa mandi mendorong efek positif kepada fisik maupun mental tubuh. Mandi bisa menghilangkan rasa lelah, sakit, stres, serta memberikan rasa nyaman.

Apa saja yang terjadi pada tubuhmu jika kamu jarang mandi? Intip penjelasannya di bawah ini.

1. Kulit gatal

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandiwebmd.com

Kehidupan manusia dikelilingi oleh makhluk tak terlihat, yakni bakteri dan mikroorganisme lainnya. Jika kamu jarang mandi, mikroorganisme semakin banyak terkumpul di tubuhmu.

Salah satu efeknya yang paling terasa adan kulit menjadi gatal. Wired pernah mewawancarai salah satu penuils jurnal mikroba di PeerJ, James Meadow. Dia mengungkapkan bahwa setidaknya tiap satu centimeter di kulit kita, ada ribuan bakteri di dalamnya. Kamu bisa membayangkan?

2. Stres

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandilamenteemeravigliosa.it

Penelitian jurnal NCBI 2018 yang disebutkan di awal artikel juga mengungkapkan bahwa mandi bisa melepaskan stres. Sebaliknya, kamu bisa terus-terusan merasa stres jika tidak mandi. Saat stres menumpuk, kamu bakal malas melakukan apa-apa, sehingga bakal mempengaruhi kesehatan fisik.

3. Risiko lebih besar untuk terkena penyakit

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandimedicalnewstoday.com

Sudah dijelaskan jika ada penumpukan bakteri di tubuh jika tidak mandi. Dalam beberapa kasus, bakteri yang menumpuk adalah bakteri berbahaya yang bisa memberikan penyakit parah.

Bahkan bisa jadi hadir virus pula. Dengan tidak mandi besar kemungkinan bagimu untuk terkena penyakit.

4. Iritasi kulit

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandipixaby.com/kjerstin_Michaela

Secara alami, tubuh memproduksi minyak. Menurut verywellhealth.com, minyak tersebut dibutuhkan agar kulit dan rambut tidak lembap.

Penumpukan minyak pada kulit akibat jarang mandi bukan tidak mungkin menyebabkan adanya iritasi kulit. Salah satu dampak yang bisa kamu lihat adalah jerawat.

Baca Juga: Langsung Mandi Setelah Olahraga, Waspada Bahaya Ini Mengintaimu

5. Bau badan

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandigeniusphar

Jika kamu mandi, mungkin kamu masih akan memiliki bau badan. Tapi setidaknya tak separah sata kamu tak mandi. Sebab menumpuknya mikroorganisme di tubuh memicu bau badan. 

Jurnal Microbiome yang dirilis pada 2018 mengungkapkan bahwa beberapa bakteri yang diasosiasikan dengan bau badan adalah Staphylococcus hominis, Staphylococcus epidermidis, dan Cutibacterium avidum.

6. Paranoid

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandifakingnews.com

Seperti yang sudah dikatakan bahwa ada pengaruh mental pada aktivitas mandi. Bisa jadi pengaruh mental tersebut nantinya berhubungan dengan kondisi sosialmu.

Jika kamu orang yang cukup memikirkan pandangan orang kepadamu, kamu bisa paranoid terhadap pandangan orang akibat tidak mandi. Kamu takut orang-orang dapat mencium bau badanmu dan merasa orang-orang menjauhi dirimu.

7. Kulit kering

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandilipaniskincare.com

Tadi sudah dijelaskan jika tubuh kita memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Nyatanya itu tidak cukup.

Tubuh kita pun masih butuh air dari luar karena sebenarnya ia memiliki kemampuan menyerap. Jurnal NCBI tulisan Blattner CM, Coman G, Blickenstaff NR, dan Maibach HI malah menyebutkan kulit akan lebih mudah dimasuki air ketika suasananya hangat ketimbang dingin.

8. Perubahan warna kulit

Bukan Cuma Jorok, Ini 8 Dampak Buruk Bagi Orang yang Jarang Mandilorealparisusa.com

Ini bisa terjadi jika ada iritasi di kulitmu. Dinamakan dermatitis neglecta, ini adalah masalah kesehatan langka yang disebabkan karena tidak menjaga higienitas tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena adanya penumpukan debu pada kulit yang mana seharusnya bisa hilang jika kamu mau mandi.

Memang mandi tidaknya dirimu adalah pilihanmu. Tetapi minimal ketahui saja plus minus dari aktivitas yang berhubungan dengan air tersebut. Toh juga tidak ada salahnya kamu mandi jika pada akhirnya kamu pun bisa menjadi segar.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya