Comscore Tracker

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukup

Tubuhmu terus kehilangan cairan setiap saat

Kamu mungkin sudah lama mengetahui soal anjuran meminum air putih delapan gelas sehari. Itu sebenarnya cuma pedoman, bukan berdasarkan bukti ilmiah.

Tapi bukan berarti minum air putih tidak penting. Faktanya, ada banyak alasan kesehatan mengapa kamu perlu minum air yang cukup setiap hari.

Ahli nefrologi sekolah kedokteran Kaiser Permanente, Amerika Serikat, Steven Guest mengatakan air putih penting untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh. 

"Kehilangan cairan terjadi terus menerus, dari penguapan kulit, pernapasan, urin, dan tinja, dan kehilangan ini harus diganti setiap hari untuk kesehatan yang baik," katanya dikutip dari laman WebMD.

Saat kamu tidak mendapatkan asupan air setara dengan yang keluar, maka terjadi dehidrasi. Terutama pada iklim yang lebih hangat, saat berolahraga berat, di dataran tinggi, dan orang pada usia lebih tua.

Dilansir WebMD, setidaknya ada enam alasan berikut ini bagi kamu untuk memastikan cukup minum air setiap hari:

Baca Juga: Studi: Rajin Minum Air Putih Cegah Gagal Jantung!

1. Air membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukupfreepik.com/@cookie_studio

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60 persen cairan. Fungsinya meliputi pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. Saat kamu kekurangan cairan, otak memicu mekanisme rasa haus tubuh.

"Melalui kelenjar hipofisis posterior, otak Anda berkomunikasi dengan ginjal Anda dan memberitahunya berapa banyak air untuk dikeluarkan sebagai urine atau disimpan untuk cadangan," kata Guest, yang juga seorang profesor kedokteran di Universitas Stanford.

2. Air membantu mengontrol kalori

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukupstylecraze.com

Selama bertahun-tahun, pelaku diet mempraktikkan banyak minum air sebagai strategi menurunkan berat badan. Meski air tidak punya efek ajaib, tapi setidaknya itu membantu.

Minum air yang cukup membantumu lebih sehat, lebih kenyang, dan memangkas asupan kalori. Tidak cuma air, makanan dengan kadar air tinggi cenderung membutuhkan lebih banyak mengunyah, dan diserap lebih lambat oleh tubuh, yang membantu Anda merasa kenyang.

3. Air membantu memberi energi otot

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukupunsplash.com/@jonathanborba

Sel-sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit akan mengerut, yang dapat menyebabkan kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak bekerja dengan baik dan kinerja dapat menurun.

Minum cukup cairan penting saat berolahraga. Pedomannya, kamu minum setidaknya 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum berolahraga. Selama berolahraga, kamu juga mesti minum secara berkala untuk menggantikan cairan yang hilang karena berkeringat.

4. Air membantu menjaga kulit tampak cerah

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih CukupPhoto by Chloe Kala from Pexels

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai penghalang dan pelindung untuk mencegah kehilangan cairan berlebih. Begitu kamu cukup terhidrasi, ginjal mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan.

Tapi jangan berharap hidrasi berlebihan untuk menghapus kerutan atau garis-garis halus. Kamu juga bisa membantu "mengunci" kelembapan ke dalam kulit dengan menggunakan pelembap, yang menciptakan penghalang fisik untuk menjaga kelembapan.

5. Air membantu kinerja ginjal

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukupilustrasi masalah pada ginjal (bostonkidney.com)

Cairan tubuh mengangkut produk limbah masuk dan keluar dari sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, limbah yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urin, jelas Guest.

Ketika kamu mendapatkan cukup cairan, urin mengalir dengan bebas, berwarna terang dan bebas dari bau. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau meningkat karena ginjal menjebak cairan ekstra untuk fungsi tubuh.

Jika kamu minum terlalu sedikit secara ada risiko lebih tinggi terkena batu ginjal, terutama di iklim hangat.

6. Air membantu menjaga usus berfungsi normal

6 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Minum Air Putih Cukupbrooklynbuzz.com

Hidrasi yang memadai membuat segala sesuatunya mengalir di sepanjang saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Ketika kamu tidak mendapatkan cukup cairan, usus besar menarik air dari tinja untuk mempertahankan hidrasi - dan hasilnya adalah sembelit.

Cairan dan serat yang cukup adalah kombinasi sempurna, karena cairan memompa serat dan bertindak seperti sapu untuk menjaga usus berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 6 Makanan Enak yang Aman Dikonsumsi Orang dengan Penyakit Ginjal

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya