Comscore Tracker

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah untuk Camilan di Rumah

Siap-siap camilan buatanmu jadi rebutan!

Kalau kamu hobi ngemil tapi gak mau ribet, kue bawang mungkin kudapan yang tepat buatmu. Kue dengan rasa gurih dan asin ini cocok buat jadi camilan saat santai di rumah.

Banyak toko yang menjual kue bawang, tapi sebenarnya tidak mudah untuk membuatnya. Kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan resep mudah dan praktis berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah untuk Camilan di Rumahhealthline.com

Bahan utama:

  • 250 gram tepung terigu
  • 75 ml santan kental
  • 70 gram tepung tapioka
  • 2 butir telur
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 batang daun seledri
  • garam secukupnya

2. Campur bahan sampai menjadi adonan

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah untuk Camilan di Rumahinspiredtaste.net

Siapkan food processor, lalu masukkan bawang putih, bawang merah, dan garam. Proses sampai semua bahan hancur dan lembut, kemudian sisihkan ke wadah terpisah.

Berikutnya, campur tepung terigu, bumbu halus, tepung tapioka, telur, dan santan dengan bantuan spatula. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan jadi adonan yang kalis.

Baca Juga: Resep Kue Sus ala Beard Papa’s, Nikmatnya Bikin Lupa Diri

3. Giling dan bentuk adonan sesuai selera

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah untuk Camilan di Rumahthespruceeats.com

Setelah adonan kalis, masukkan cincangan daun seledri ke dalamnya. Aduk-aduk sampai tercampur merata, lalu siapkan alat penggilingan pasta di atas meja.

Giling adonan kue sebanyak empat kali sampai menjadi lembaran yang tipis. Pastikan tidak terlalu tebal atau sebaliknya, ya. Kalau sudah, bentangkan di atas talenan dan potong memanjang seperti batang korek api.

4. Goreng kue bawang hingga matang

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah untuk Camilan di Rumahinstagram.com/yayuk_wahyuu

Berikutnya, siapkan wajan berisi minyak, lalu panaskan sampai mendidih. Taburi adonan kue bawang dengan tepung terigu supaya tidak lengket, setelah itu goreng sampai kering.

Selanjutnya, aduk sesekali kue bawang yang sedang digoreng supaya kematangannya merata. Jika sudah berwarna kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Segera simpan kue bawang ke dalam stoples agar tetap renyah.

Nah, itulah resep dan cara membuat kue bawang yang enak untuk camilan Hari Natal. Tekstur renyahnya bikin ketagihan, dijamin keluarga bakal rebutan, deh!

Baca Juga: Resep Kue Chiffon Choco Chips, Kue Manis Bertekstur Lembut

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya