Comscore Tracker

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanah

Supaya masakan ikan jadi lebih nikmat

Kamu pasti pernah menemui masalah klasik saat mengolah ikan air tawar, yakni bau yang kurang sedap. Ikan air tawar, selain amis, juga biasanya berbau seperti tanah atau lumpur.

Karena itu, banyak orang yang malas makan ikan. Padahal, bau amis atau bau tanah bisa hilang kalau kamu tahu cara membersihkan dan mengolahnya dengan tepat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar ikan olahanmu tidak berbau tanah atau berbau lumpur.

1. Belilah ikan dalam keadaan hidup

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahtasteofhome.com

Berbeda dengan ikan laut, sebaiknya kamu membeli ikan air tawar yang masih dalam keadaan hidup. Sesampainya di rumah, biarkan ikan hidup di wadah air bersih jika belum akan diolah.

Membiarkan ikan hidup sebentar di air bersih juga berfungsi menetralkan tubuh ikan yang biasanya hidup di lumpur. Dengan begitu, bau lumpur atau bau tanahnya tidak akan sepekat yang sebelumnya. Kalau perlu, diamkan sampai semalam.

2. Buang insang dan isi perut ikan

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahfishingkites.co.nz

Saat mengolah ikan, mulai dengan bersihkan sisiknya sampai bersih. Setelah itu belah bagian perutnya lalu buang jeroan sampai benar-benar kosong. Biasanya, bau tanah berasal dari situ.

Kalau insang dan isi perut ikan sudah bersih, bilas dengan air mengalir supaya kotorannya hilang. Kalau tidak langsung dimasak, simpan ikan di dalam freezer dengan dibungkus plastik terlebih dahulu.

3. Jangan sampai memecah bagian empedunya

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahmeatsandsausages.com

Empedu ikan kerap jadi penyebab dagingnya berbau tanah. Organ ini terletak di dalam perut ikan, tepatnya di sekitar insang. Kamu wajib membuangnya sebelum mengolah ikan.

Ingat, jangan sampai empedu ikan pecah saat kamu membersihkannya. Empedu yang robek bakal mengeluarkan cairan pahit lagi bau, yang membuat daging ikan terasa aneh.

4. Baluri ikan dengan garam

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahfoodandwine.com

Garam terbilang ampuh menghilangkan bau-bau tak sedap pada bahan makanan. Fungsi yang sama juga berlaku pada ikan air tawar. Caranya, kamu cukup melumuri semua bagian tubuh ikan dengan garam.

Setelah dilumuri, diamkan ikan selama sekitar 1,5 jam. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kalau bau lumpur masih terasa, ulangi proses di atas dua atau tiga kali.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Ayam di Kulkas biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!

5. Tutupi dengan bawang bombay dan lemon

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahthespruceeats.com

Bau tanah pada ikan juga bisa lenyap dengan bawang bombay dan lemon. Kamu bisa menggunakan dua bahan itu secara langsung untuk hasil maksimal. Kupas dan potong bawang bombay menjadi berbentuk bulat, begitu pula dengan lemonnya.

Letakkan ikan yang sudah dibersihkan dan dicuci ke dalam wadah. Tata potongan bawang bombay dan lemon di atasnya sampai ikan tertutupi. Kamu juga bisa memberikan air perasan lemon, supaya bau tanah semakin hilang.

6. Rendam di dalam susu

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahsimplyrecipes.com

Kalau pengin cara lainnya yang gak kalah praktis, rendam ikan di dalam susu. Sama seperti sebelumnya, pastikan ikan sudah kamu bersihkan perutnya dan dicuci sampai bersih. Potong-potong ikan jadi beberapa bagian, lalu masukkan ke mangkuk.

Tuangkan susu cair secukupnya sampai ikannya terendam sempurna. Jika sudah, tutup bagian atasnya dengan plastic wrap, lalu masukkan ke dalam kulkas dan biarkan selama sejam. Rasa daging ikan pun bakal jauh lebih gurih, lho.

7. Marinasi dengan rempah-rempah

7 Tips Pintar Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Bau Tanahwrytoasteats.com

Cara terakhir yang bisa kamu aplikasikan adalah dengan memarinasi ikan dengan beragam rempah-rempah. Kamu bisa membuat bumbunya dengan praktis menggunakan tepung maizena, putih telur, minyak wijen, bawang putih, dan minyak bawang.

Gak harus selalu di mangkuk, bisa memarinasi daging ikan di dalam plastik ziplock. Prosesnya pun gak perlu lama-lama, cuma 30-40 menit saja. Simpan di dalam kulkas terlebih dahulu, ya.

Begitulah tips mudah menghilangkan bau tanah pada ikan yang bisa kamu lakukan. Dijamin rasa daging lebih nikmat, teksturnya pun jadi lembut. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya