TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Gadget Dapur dan Alat Masak yang Dapat Menghemat Waktu

Cocok untuk kamu yang suka memasak serba cepat

pexels.com/Wendelin Jacober

Siapa di sini yang suka memasak di rumah? Memasak sendiri memiliki banyak keuntungan, terutama dalam hal kebersihan dan kualitas dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Namun, tantangan utamanya adalah waktu yang dibutuhkan, mulai dari persiapan bahan hingga proses memasak.

Berbagai jenis makanan memerlukan persiapan yang cukup memakan waktu. Untungnya, dengan perkembangan teknologi, kita sekarang bisa memanfaatkan berbagai gadget dapur untuk membantu mempercepat dan memudahkan proses memasak. Gadget dapur ini menggantikan banyak pekerjaan manual, sehingga kalian bisa lebih efisien saat memasak.

Bagi kalian yang suka memasak tetapi ingin lebih menghemat waktu, berikut ini adalah beberapa peralatan mask dan  gadget dapur yang bisa membantu memudahkan aktivitasmu. Yuk, cek daftarnya!

Baca Juga: 5 Tips Menata Storage Dapur agar Rapi, Gampang Carinya!

1. Airfryer

Salah satu gadget dapur yang wajib dimiliki jika ingin memasak makanan dengan cepat ialah Airfryer. Apa sih Airfryer itu? Airfryer atau yang biasa disebut dengan penggorengan udara pada dasarnya ialah sebuah oven meja dapur canggih yang praktis. Cara kerja Airfryer ialah dengan menggunakan kipas untuk mengalirkan udara panas untuk memasak, menggoreng, atau mengaramelkan makanan lebih cepat daripada panas dari radiasi oven tradisional ataupun pemanggang roti biasanya.

Alat ini dicap sebagai alat penggorengan yang sehat juga loh. Bagaimana tidak? Dengan menggoreng makanan yang biasanya di dalam minyak panas penggorengan, dengan mengoreng Airfryer kita tidak membutuhkan minyak goreng yang sangat banyak seperti biasanya. Dengan hal ini, makanan yang digoreng lewat Airfryer bisa jauh lebih sehat dikarenakan kebutuhan minyak yang dikonsumsi lebih sedikit dari biasanya. 

Makanan yang dimasak lewat Airfyer pun bisa jauh lebih menghemat waktu. Dengan adanya timer waktu yang bisa digunakan, memasak Airfryer jauh lebih simpel hanya dengan menyentuh tombol dan bisa kita tinggal untuk mengerjakan pekerjaan lainnya berbeda dengan menggoreng dalam minyak panas yang harus kita pantau setiap saat. 

2. Food Chopper

Gadget dapur lain yang perlu kalian miliki ialah Food Chopper. Ketika memasak dan menyiapkan bahan-bahan seperti sayuran, rempah-rempah, dan bahan lain untuk dipotong, biasanya kita memerlukan pisau maupun alat lain untuk memotong juga menghaluskan bahan tersebut. Alat pisau ini menggunakan tenaga dan waktu yang cukup menyita apalagi bila bahan-bahan yang diperlukan ini banyak. Nah dengan adanya Food Chopper ini bisa memudahkan kita dalam menyiapkan bahan juga menjadi semakin  cepat.

Dengan Food Chopper atau yang bisa disebut juga dengan mesin pencacah makanan, kita bisa mencacah makanan seperti sayuran, dan bahan-bahan lain menjadi lebih kecil dan lembut hanya dengan ditancapkan listrik dan juga menekan tombol yang ada. Menghasilakn persiapan bahan sesuai keinginan dengan hasil yang lembut dengan pengaturan yang mudah digunakan, alat ini akan dengan mudah menggantikan semua alat pemotong ataupun pencampur makanan yang ada di dapur. 

3. Sous Vide

Jika kalian termasuk yang suka bereksperimen di dapur mungkin akan senang sekali dengan adanya alat Sous Vide ini. Sous Vide ialah suatu alat dimana bisa memudahkan kalian dalam memasak makanan secara perlahan dan tepat hingga mencapai suhu yang sempurna. Biasanya jika memasak pudding ataupun daging membutuhkan kematangan yang tepat untuk menemukan tekstur dan kematangan yang pas, dan kita bisa menggunakan alai ini untuk mempermudah proses memasak tersebut.

Alat Sous Vide dahulu mungkin hanya akan terlihat di resep-resep Chef ternama, tapi sekarang ini sudah mulai banyak digunakan dan menjadi umum di banyak dapur rumah. Metode memasak dengan alat ini memastikan makanan matang secara merata dan pada suhu yang tepat, sehingga membuat proses memasak jauh lebih mudah dan pastinya cepat karena ketepatan yang diberikan.

4. Coffee Maker

JIka meminum secangkir kopi merupakan bagian dari rutinitas , pastilah pecinta kopi pagi tidak ingin mengambil risiko minuman kopi yang tidak enak. Dengan adanya Coffee Maker, suatu alat pembuat kopi yang andal dengan biji kopi yang baru digiling membuat dapur seakan menjadi sebuah kafe klasik yang pas.

Coffee Maker unggul dalam hal konsistensi karena diprogram untuk melakukan hal yang sama setiap kali dinyalakan.Terdapat banyak sekali tipe alat Coffee Maker, tergantung dari penikmat kopi membutuhkan alat yang seperti apa. Yang pasti, dengan memiliki alat Coffee Maker ini bisa menghemat waktu di pagi hari jika kalian termasuk pemilik jadwal harian yang padat, dikarenakkan alat ini memiliki fitur seperti penyeduhan berwaktu secara otomatis.

5. Digital Rice Cooker

Makan nasi beberapa hari seminggun seakan menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh mayoritas. Mayoritas orang pasti sudah sangat familier dengan adanya rice cooker yakni alat untuk menanak nasi dan seakan menjadikan alat ini barang wajib bagi banyak orang. Yang biasanya digunakan hanya untuk menanak nasi, yang tugas dari penanak nasi ini mudah saja hanya dengan ukur, bilas, tambahkan air, didihkan, kukus, dan kurang dari setengah jam kemudian, selesai.

Pada saat ini, rice cooker sudah semakin canggih menjadi digital rice cooker. Digital rice cooker yang menjadi generasi lanjutan rice cooker ini selain bisa menanak nasi juga bisa digunakan untuk mengukus, merebus, bahkan sampai dengan membuat kue. Pastinya memasak bisa jauh lebih mudah dan juga simpel bagaimana tidak, dengan 1 alat ini bisa digunakan untuk berbagai pemrosesan berbagai makanan.

Itulah beberapa rekomendasi gadget dapur dan alat masak canggih yang cocok sekali bagi kalian yang suka memasak akan tetapi kerepotan dalam hal membagi waktu yang terbuang untuk menyiapkan makanan. Dengan memiliki gadget dapur ini pekerjaan memasak terasa simpel dan jauh lebih mudah dan juga bisa menghemat waktu pastinya. Jadi ingin memiliki gadgdet tersebut untuk memasak sehari-hari bukan? Yuk buruan beli alat masak favoritmu!

Baca Juga: 5 Bahan Dapur yang Bisa Kamu Jadikan Pengusir Nyamuk Alami di Rumah

Writer

Yunita Rahmania

Tech Gaming and Islamic Finance Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya