Comscore Tracker

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Ini

Ingat! Bukan gemuk, melainkan berisi

Penting bagi kita mempertahankan tubuh tetap berisi dan sesuai indeks massa tubuh (BMI) normal. Tubuh yang berisi membantumu lebih mudah membentuk otot, baik di lengan, perut, atau kaki.

Di sisi lain, berat badan ideal juga membantu meningkatkan kualitas hidup. Lemak tubuh yang cukup bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan perkembangan otak, serta beragam manfaat lainnya. Tapi cukup di sini bukan berarti berlebihan.

Tapi jangan salah. Orang yang bertubuh kurus belum tentu kekurangan kadar lemak. Mereka yang bertubuh kurus juga punya tumpukan lemak di perut yang dapat mendongkrak kadar kolesterol, resistansi insulin yang menyebabkan diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Kalau kamu ingin menaikkan berat badan dan punya tubuh berisi, hindari makan dengan porsi berlebihan. Kamu bisa menempuh pola makan dengan gizi seimbang. Berat badan pun akan naik secara sehat.

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi.

1. Nasi atau nasi merah

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inimasterclass.com

Makanan ini kaya akan karbohidrat tapi sedikit protein dan serat. Seporsi nasi mengandung sekitar 200 kalori.

2. Buah kering

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipexels.com/Naim Benjelloun

Buah yang tanpa kandungan air memiliki kandungan kalori, antioksidan, dan vitamin yang tinggi. Buah ini bisa membantu menaikkan berat badanmu. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan saat menonton TV.

Berikut ini buah kering yang enak dan bisa bikin tubuh berisi secara sehat alami:

  • Berry
  • Aprikot
  • Apel
  • Kurma
  • Ara
  • Prune

Baca Juga: Kesulitan Menjaga Berat Badan Ideal? Ini Saran Dokter Spesialis Gizi!

3. Minyak zaitun

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/Steve Buissinne

Minyak zaitun gak cuma berkhasiat untuk pemakaian luar. Saat dikonsumsi, minyak ini menyediakan lemak tak jenuh tunggal dengan sekitar 800 kalori per 100 gram.

4. Minyak kanola

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inihealthline.com

Ini adalah salah satu alternatif minyak terbaik. Manfaatnya banyak karena kaya akan omega-3. Minyak kanola juga mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti halnya minyak zaitun.

5. Minyak kacang (nut oil)

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/Rabbixel

Minyak ini mengandung omega-3 ALA dan sejumlah asam lemak tak jenuh. Juga terdapat kandungan antioksidan elagitannin dan senyawa polifenol lain yang membantu tubuhmu jadi berisi. Selain itu juga menekan kadar gula darah dan menyehatkan jantung.

6. Alpukat

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/Silver Stylus

Alpukat mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Juga mengandung vitamin K, kalium, serta serat yang bisa jadi opsi sarapan yang pas. Alpukat bikin badan berisi dengan kandungan sekitar 200 kalori.

7. Kacang-kacangan

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Ininpr.org

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh ganda. Selai kacang mengandung 100 kalori, sedangkan kacang almon memiliki 579 kalori dengan 21,15 gram protein per 100 gram.

Selain almon dan selai kacang, kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang bisa kamu konsumsi untuk membuat badan lebih berisi adalah:

  • Kacang mete
  • Almon
  • Pecan
  • Biji bunga matahari
  • Biji rami
  • Kacang Brasil
  • Kenari
  • Biji labu

8. Granola

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inisimplecomfortfood.com

Granola tidak hanya membuat tubuh lebih berisi, melainkan juga kaya zat besih yang bisa mencegah anemia, sakit kepala, sesak napas, serta letih dan lesu.

Kamu bisa membeli granola di swalayan atau online, atau juga membuatnya sendiri. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dengan buah-buahan kering, kacang-kacangan, bulir gandum, dan biji-bijian.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan havermut, madu, dan berry kering untuk menambah energi.

9. Dark chocolate

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/jackmac34

Selain mengandung antioksidan yang baik untuk jantung, 100 gram dark chocolate dengan 70-85 persen kakao mengandung serat, zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan untuk membantu memenuhi asupan nutrisi harianmu. Dengan 600 kalori dan sedikit gula, badan akan lebih berisi. Tetap konsumsi secara bijak, ya!

10. Kentang

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inithecut.com

Ini dia salah satu sumber vitamin K terbaik. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat badan semakin berisi.

Baca Juga: 7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjal

11. Sereal gandum

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Iniunsplash.com/enginakyurt

Rendah lemak trans dan lemak jenuh, sereal gandum mengandung lemak tak jenuh dan karbohidrat esensial, sehingga membuat badan berisi secara sehat dan alami.

12. Ikan salmon

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/congerdesign

Sepotong ikan salmon mengandung asam lemak untuk mendukung kesehatan otak. Mengandung banyak nutrisi seperti omega-3 dan protein, 6 ons salmon mengandung 240 kalori

13. Keju

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/lipefontes0

Kamu bisa menemukan kandungan lemak, protein, dan kalsium, pada keju full fat. Cukup masukkan ke dalam menu harianmu agar badan lebih berisi karena berkalori tinggi.

14. Yoghurt

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/ponce_photography

Jenis full fat dan plain kaya akan protein dan nutrisi lain. Hindari yoghurt low fat dan memiliki rasa karena memiliki kandungan gula tinggi yang bisa bikin berat badan naik secara tidak sehat.

15. Whole wheat pasta

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inicommons.wikimedia.org/Kari Sullivan

Ppasta dengan serealia utuh yang padat kalori dan kaya akan karbohidrat untuk membuat badan lebih berisi.

16. Daging merah

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inipixabay.com/Free-Photo

Dalam deretan menu binaragawan, daging merah kaya protein dan lemak, sehingga membuat tubuh berisi lebih cepat. Serta leusin dan kreatin untuk pembentukan massa otot. Usahakan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak (lean).

17. Susu

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inimilkmeansmore.org

Memiliki campuran lemak, karbohidrat, dan protein, susu juga adalah salah satu sumber vitamin dan mineral terbaik, terutama kalsium. Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot. Minum dua gelas per hari!

18. Telur

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Iniunsplash.com/@louishansel

Salah satu sumber terbaik untuk protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya, sebagian besar nutrisi terkandung dalam kuning telur. Sementara itu, putih telur kaya akan protein dan dapat membantu pembentukan otot.

19. Quinoa

Ingin Badanmu Berisi? Sebaiknya Konsumsi 19 Makanan dan Minuman Inimomadvice.com

Selain kaya akan serat, quinoa memiliki kandungan protein lebih daripada sumber protein lain di daftar ini! Dengan 222 kalori, 39 gram karbohidrat, dan 4 gram lemak, quinoa adalah salah satu opsi terbaik untuk menaikkan berat badan secara sehat.

Memiliki badan yang berisi sesuai dengan BMI normal amat penting untuk menjaga kesehatan, mulai dari metabolisme hingga menjaga kesuburan. Selain itu, berat badan yang sesuai dengan BMI akan lebih mudah dibentuk dan dijaga kebugarannya.

Itulah 19 makanan dan minuman yang dapat kamu masukkan ke dalam daftar menu harianmu agar badan lebih berisi tanpa harus takut pada risiko penyakit lain. Agar hasilnya optimal, barengi konsumsinya dengan olahraga rutin dan istirahat cukup, ya.

Baca Juga: 7 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Gak Perlu Obat!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya