Comscore Tracker

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!

Cocok untuk diet, tapi tetap kaya nutrisi dan menyehatkan

Tubuh membutuhkan kalori agar menghasilkan energi. Tapi meski penting, kalori berlebihan juga bisa berdampak negatif. Jika asupan kalori lebih banyak daripada yang dibakar, terjadilah penambahan berat badan.

Biasanya orang yang ingin menurunkan berat badannya akan mengurangi kalori dengan mengurangi porsi makan. Tapi kalau kamu ingin berat badan turun secara mudah dan lebih sehat, sebaiknya fokus pada makanan rendah kalori. Sehingga kamu tak perlu khawatir jika menyantap makanan itu sebanyak mungkin.

Sayuran termasuk makanan rendah kalori. Bahkan ada beberapa sayuran yang nyaris tanpa kalori, namun punya beragam nutrisi yang penting bagi tubuh. Ini beberapa contohnya.

1. Seledri

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!unsplash.com/Kelly Sikkema

Kamu bisa menambahkan seledri segar pada salat, lalu menyajikannya dengan sedikit selai kacang sebagai camilan sehat. Sayuran ini kaya akan nutrisi, seperti serat, kalsium, kalium, dan vitamin C serta yang paling penting, rendah kalori.

Dikutip dari laman Verywell Fit, sebatang seledri panjang cuma mengandung 10 kalori dan secangkir seledri cincang hanya memiliki sekitar 19 kalori. Artinya, kamu bisa makan banyak seledri untuk mendapatkan nutrisinya tanpa takut menjadi gemuk.

2. Kale

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!pexels.com/Eva Elijas

Baca Juga: Rumpu Rampe, Resep Sayuran Lezat dari Sumba

Kale termasuk sayuran hijau berdaun yang populer karena nutrisinya yang menakjubkan. Biasanya sayuran ini dimakan bersama salad, smoothie, dan hidangan sayur.

Kale punya sumber vitamin K tinggi. Menurut Nutritionix, satu cangkir atas sekitar 67 gram kale memiliki hampir tujuh kali jumlah vitamin K yang dibutuhkan rata-rata orang per hari dan hanya memiliki 36 kalori.

3. Bayam

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!unsplash.com/Louis Hansel

Bayam juga merupakan sayuran berdaun hijau yang menjadi sumber vitamin dan mineral serta sangat rendah kalori. Dilansir laman Nutritionix, secangkir bayam mentah dengan berat sekitar 30 gram hanya mengandung 5 kalori.

Selain rendah kalori, bayam juga tinggi akan vitamin K, vitamin A, folat, dan memiliki lebih banyak protein daripada beberapa sayuran berdaun lainnya.

4. Zukini

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!pexels.com/Ellie Burgin

Zukini adalah jenis labu musim panas berwarna hijau. Zukini memiliki rasa yang lembut yang menjadikannya tambahan serbaguna untuk berbagai resep masakan.

Saat ini, zukini bahkan juga digunakan sebagai mi untuk menggantikan mi berkarbohidrat tinggi. Zukini memiliki kalori yang sangat rendah yaitu 16 kalori per 108 gram zukini, menurut Nutritionix.

5. Selada air

5 Sayuran Ini Cuma Punya Sedikit Kalori, Aman buat Mukbang!pixabay.com/DAW808

Selada air biasanya tumbuh di air dan memiliki banyak daun. Selada air biasa disajikan sebagai salad atau sandwich.

Selada air memang tidak sepopuler sayuran lainnya. Namun, sayuran ini cukup mudah ditemukan dan bergizi. Menurut Nutritionix, secangkir selada air yang sudah dipotong-potong atau sekitar 34 gram menyediakan 106 persen dari rekomendasi untuk vitamin K, 24 persen vitamin C, dan 22 persen vitamin A dengan hanya mengandung sekitar 3,7 kalori.

Perlu kamu ingat, proses pengolahan juga memengaruhi banyaknya kalori pada berbagai makanan. Jika semua sayuran di atas diolah secara tepat, seperti direbus, dikukus, tumis, dijadikan salad, atau smoothie, kamu bisa menyantapnya dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir soal berat badan.

Baca Juga: Keju hingga Sayuran Khas, Ini 9 Bahan Makanan Unik Asal Belgia

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul 5 Sayuran Ini Nyaris Tidak Memiliki Kalori, Aman Dimakan Banyak!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya