Comscore Tracker

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Hemat

Supaya kantongmu gak tipis terus

Apakah kamu selalu merasa pengeluaranmu selalu lebih besar daripada pemasukan? Jika iya, kamu harus mulai mengatur ulang keuanganmu. Kalau tidak segera mengubah kebiasaan, kamu akan rugi sendiri.

Sebaiknya kamu mulai berhemat supaya bisa menyiapkan biaya masa depan atau biaya tak terduga. Kalau kamu kewalahan mengatur keuangan, berikut ini kiat berhemat dari IDN Times yang bisa kamu terapkan.

1. Memasak di rumah

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematIlustrasi bahan makanan (IDN Times/Irma Yudistirani)

Sering makan di luar rumah merupakan salah satu kebiasaan yang boros. Contohnya, kamu selalu makan di mal, restoran, ata depot favoritmu.

Sebaiknya mulai sekarang biasakan diri memasak diri rumah supaya lebih hemat. Harga bahan memasak untuk seharian lebih murah dibandin seporsi makanan di luar.

Baca Juga: Katalog Promo Lotte Grosir selama Juli, Ada Diskon Plus Produk Gratis!

2. Belanja di pasar tradisional

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematIDN Times/Patiar Manurung

Aktivitas memasak di rumah harus diikuti kebiasaan berbelanja bahan makanan di pasar tradisional. Harga barang di pasar tradisional lebih murah, dan kamu bisa tawar menawar dengan pedagang. Sebaliknya, bahan-bahan di pasar modern tidak bisa ditawar dan cenderung lebih mahal.

Tapi perhatikan protokol kesehatan di tengah pandemik COVID-19 seperti sekarang. Sebab sudah banyak kasus penularan karena orang-orang tidak disiplin di pasar, misalnya mengabaikan aturan jaga jarak.

3. Membawa bekal dan air minum dari rumah

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematDok. Lifepal

Jika kamu beraktivitas di luar, entah itu kerja, kuliah, atau sekolah, sebaiknya bawa bekal dan air minum dari rumah. Itu bisa menghemat pengeluaranmu, selain juga lebih sehat dan aman dikonsumsi. 

Harga sebotol air minum memang murah, tapi kamu tak akan menyadari berapa banyak uangmu yang keluar selama sebulan untuk membelinya.

4. Simpan uang logam

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Mulai sekarang, jangan menganggap remeh uang logam kembalian. Uang itu bisa sangat berharga.

Simpan setiap uang logam yang kamu dapat. Tanpa disadari, uangmu bisa bertambah banyak. Uang logam memang penyelamat, deh!

Baca Juga: Agar Tidak Salah Pilih, Yuk Mengenal Partner Bisnis yang Tepat

5. Menabung di celengan

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Pilih celengan dengan baik. Jangan gunakan celengan yang ada lubang untuk membukanya. Kumpulkan niat untuk benar-benar menabung di celengan yang tertutup rapat. Hal ini akan membantumu menabung dengan baik dan tidak dapat mengambil sepersen pun dari tabunganmu sebelum penuh.

6. Belanja barang promo

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematUnsplash/Daniel von Appen

Kalau kamu mampir ke minimarket atau supermarket, coba lihat ada promo apa yang sedang ditawarkan. Barang promo belum tentu kualitasnya jelek, kok. Bisa jadi barang tersebut memang sedang dipasarkan dengan cara tersebut. Pengeluaranmu juga bisa diminimalisasi kalau kamu membeli barang promo yang benar-benar dibutuhkan.

7. Kurangi jalan-jalan

Uangmu Selalu Habis? 7 Praktik Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu HematDok.IDN Times/Istimewa

Kebiasaan satu ini juga harus dikurangi, nih! Jalan-jalan terlalu sering akan membuatmu makin boros. Setiap kali jalan-jalan, kamu bisa mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Kalau saja kamu berhasil mengurangi kebiasaan jalan-jalanmu, maka kondisi keuanganmu juga akan aman! Uangmu tak akan habis dengan cepat, apalagi sia-sia. Apalagi di saat pandemik seperti ini, sepertinya mengerem aktivitas jalan-jalan memang cocok kamu lakukan. 

Niat dan tekad bulat memang sangat dibutuhkan kalau benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan borosmu. Tunggu apa lagi, yuk realisasikan dari sekarang!

Baca Juga: Alfamart Tebar Diskon hingga 15 Juli, Cek Katalog Promonya! 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya