Comscore Tracker

Simak Tips Ini Agar Hidupmu Terbebas dari Jeratan Utang

Agar bebas dari utang, jika kamu sadar kondisi keuanganmu

Jakarta, IDN Times - Banyak orang memimpikan hidup tanpa jeratan utang. Kamu mungkin bertanya, apakah itu bisa menjadi kenyataan? Jawabannya, tentu saja bisa!

Financial educator sekaligus periset Lifepal Aulia Akbar menerangkan, hidup bebas dari jeratan utang bisa diwujudkan. Dengan catatan, peminjam atau debitur sadar dengan kondisi keuangannya.

"Cita-cita bebas dari utang bisa digapai selama debitur tersebut memiliki komitmen tinggi dalam melakukan manajemen utangnya," ujar Akbar melalui keterangan tertulis kepada IDN Times, Minggu (21/2/2021).

Baca Juga: Penting! Ini Bedanya Utang Baik dan Utang Buruk

1. Utang tidak selamanya buruk

Simak Tips Ini Agar Hidupmu Terbebas dari Jeratan Utang(Ilustrasi utang) IDN Times/Arief Rahmat

Akbar menekankan bahwa utang tidak selamanya buruk. Utang yang buruk adalah saat debitur tidak mampu membayar utangnya tepat waktu, berdasarkan kesepakatan atau perjanjian.

Ada yang namanya utang produktif. Artinya, utang dibuat untuk meningkatkan penghasilkan sekaligus nilai kekayaang yang bersangkutan.

"Utang untuk modal usaha adalah utang produktif karena dapat memberikan leverage kepada peminjam dan KPR juga merupakan utang produktif karena mampu menambah jumlah aset seiring dengan berjalannya waktu," ucap Akbar.

2. Pentingnya manajemen utang

Simak Tips Ini Agar Hidupmu Terbebas dari Jeratan UtangIlustrasi utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Dear Freelancer, Ini Tips Keuangan Penting agar Terhindar dari Utang

Jika ingin bebas dari jeratan utang, pertama-tama kamu harus menerapkan manajemen utang yang baik. Mulailah dengan menyadari rasio utang yang bisa kamu cicil per bulannya.

"Penilaian kesehatan jumlah utang secara sederhana bisa dilakukan dari dua hal yaitu debt service ratio dan debt to asset ratio. Nilai debt service ratio (DSR) atau rasio pelunasan (cicilan) utang maksimal adalah 35 persen dari penghasilan, sementara maksimal jumlah utang adalah 50 persen dari aset yang dimiliki," tutur Akbar.

3. Ketahui portofolio utangmu

Simak Tips Ini Agar Hidupmu Terbebas dari Jeratan UtangIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah kamu mengatur besaran utang yang bisa kamu cicil, kamu mesti mengetahui portofolio utang milikmu. Menurut Akbar, hal ini penting supaya kamu mengetahui daftar utang tertunggak beserta cicilan yang kamu miliki.

"Dengan memiliki portofolio utang, kita bisa mengukur apakah utang yang ada saat ini sudah melebihi batas wajar atau tidak. Pisahkan utang tersebut menjadi dua kategori, mana yang konsumtif dan produktif. Segera lunasi utang konsumtif kamu bila kamu memiliki dana yang cukup," ucapnya.

4. Konsolidasikan utangmu

Simak Tips Ini Agar Hidupmu Terbebas dari Jeratan UtangIlustrasi utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal berikutnya yang bisa membebaskanmu dari jerat utang adalah dengan mengonsolidasikan utang yang kamu miliki.

"Konsolidasi utang adalah menyatukan seluruh utang yang kita miliki menjadi satu bundel. Setelah utang-utang tersebut dikonsolidasikan, akan dihitung berapa cicilan yang dibayarkan oleh debitur setiap bulan yang sudah disesuaikan dengan pemasukannya," terang Akbar.

Adapun hal paling penting ketika kamu memiliki utang adalah memastikan membayarkannya tepat waktu. Dengan begitu, kamu bisa menghindari denda atau penalti akibat keterlambatan membayar utang.

Selain itu, menjaga pola atau tingkat gaya hidup juga bisa kamu lakukan guna meminimalisir utang yang kamu miliki.

Baca Juga: Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu Sebulan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya