Comscore Tracker

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu Kredit

Niat coba-coba, jangan sampai malah sengsara

Jakarta, IDN Times -  Kartu kredit bisa memudahkan urusan finansial. Sistem angsurannya memudahkan kita membeli barang yang diidamkan. Apalagi kadang banyak promo ditawarkan.

Tapi meski terkesan enak, kamu jangan tergesa-gesa mengajukan kartu kredit di bank. Sebaiknya perhatikan dulu lima hal berikut ini.

1. Pahami kondisi finansial kamu

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu KreditIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum mengajukan permohonan membuat kartu kredit, pahami lebih dulu kondisi finansialmu. Ketahui biaya kebutuhan kamu per bulan lalu sesuaikan dengan pemasukan, apakah jadwalnya sesuai antara tanggal tagihan dan uang masuk.

Cek juga apakah selama ini kamu suka menunda bayar hutang? Itu penting agar finansial kamu tetap aman meski punya kartu kredit.

Baca Juga: Asyik! Bunga Kartu Kredit BNI Turun Jadi 2 Persen 

2. Pahami fungsi kartu kredit

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu KreditIlustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Kartu kredit bukan cuma berfungsi memberikan promo atau menggantikan uang tunai. Prinsip utamanya adalah pinjaman dalam nominal dan tenggat tertentu.

Setelah 30 hari, kamu wajib menggantikan semua transaksimu dengan kartu kredit dalam bentuk tagihan. Jadi, menggunakan kartu kredit sebenarnya hampir sama dengan berutang.

3. Mekanisme pembayaran tagihan kartu kredit

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu KreditIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah 30 hari tersebut, biasanya tagihanmu akan keluar dan kamu diwajibkan melunaskan pinjaman kamu dalam batas waktu tertentu. Kamu bisa membayar melalui ATM atau langsung di kantor cabang bank tersebut.

Untuk metode pembayarannya juga ada beberapa pilihan. Ada metode pembayaran minimum, di mana kamu bisa membayar sebagian kartu kreditmu terlebih dahulu dengan nominal minimum yang ditetapkan. Biasanya, batas minimum pembayaran kartu kredit adalah 10 persen dari nilai tagihan kamu bulan itu.

Atau, kamu bisa langsung membayar full atau melunasi semua tagihanmu tersebut dalam tenggat waktu yang ditetapkan.

Baca Juga: Dear Pemilik Kartu Kredit, Perhatikan Hal Ini Ya Biar Gak Tekor

4. Bayar tagihan tepat waktu dan langsung lunas

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu KreditPexels/Maitree Rimthong

Sangat disarankan bagimu membayar lunas tagihan setiap bulan. Jika kamu membayar kurang dari jumlah tagihan, kekurangannya bakal diakumulasikan ke tagihan bulan berikutnya. Belum lagi ditambah dengan bunga.

Bunga ini juga kadang jadi masalah karena tidak semua orang mengerti cara hitung bunga sisa tagihan secara benar. Orang mengira bunga itu muncul dari sisa tagihan, tapi kenyataannya adalah bunga muncul dari nilai total tagihan yang belum kamu bayarkan.

Untuk denda keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit sudah diatur Bank Indonesia (BI) dalam Surat Edaran BI Nomor 14/17/DASP yakni maksimal 3 persen dari total tagihan dan tidak boleh lebih nilainya dari Rp150 ribu.

5. Ketahui batasan kartu kredit hingga biaya tahunannya

Jangan Gegabah, Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Bikin Kartu KreditIlustrasi kredit (IDN Times/Istimewa)

Meski kamu bisa meminjam melalui kartu kredit, perlu diingat kalau kartu kredit juga punya limit atau batasannya. Coba tanyakan berapa limit kartu kredit kamu dan usahakan jangan sampai overlimit karena ini akan membebankan biaya tambahan dalam total tagihan yang nantinya harus kamu bayar nanti.

Kamu juga harus menanyakan apakah kartu kredit kamu ada biaya tahunannya atau tidak dan berapa besarannya. Biasanya perbedaan biaya tahunan kartu kredit terletak pada jenis kartu dan limit yang diperoleh pemilik kartu kredit. Pastikan juga ke pihak penerbit berapa lama kamu mendapatkan promo dari kartu kredit tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu Kredit

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya