Comscore Tracker

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara Memulainya

Rasakan beragam keuntungan dari hidup sederhana

Jakarta, IDN Times - Coba amati apa saja barang-barang yang sudah kamu beli. Berapa banyak di antaranya yang menumpuk dan tidak terpakai? 

Kadang, kita lupa tujuan kita saat membeli barang. Tidak cuma boros dan membuat keuangan menipis, beli barang sembarangan juga bikin rumahmu padat. Kamu mungkin baru menyadarinya saat rumahmu sudah sesak.

“Akhirnya, kita menyesal karena membeli barang yang tidak sering kita gunakan, padahal uang tersebut bisa kita gunakan untuk investasi panjang juga bisa untuk membeli asuransi yang sebenarnya kita butuhkan,” kata Perencana Finansialk Widya Yuliarti, kepada IDN Times, Kamis (18/2/2021).

Saat ini gaya hidup minimalis jadi tren di masyarakat. Kalau kamu mengalami hal seperti di atas, ini mungkin bisa jadi solusi buat kamu.

1. Apa itu gaya hidup minimalis?

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara MemulainyaIlustrasi Dekorasi Ruang Kamar (IDN Times/Sunariyah)

Buat kamu yang belum paham, Widya menerangkan apa yang dimaksud gaya hidup minimalis. Sederhananya, gaya hidup minimalis punya prinsip “less is more”.

Prinsip ini mendorongmu untuk memiliki hidup yang lebih mindful. Kamu tidak akan berpikira terus menambah barang, melainkan memanfaatkan barang yang sudah ada. Kamu cuma membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan dalam kehidupanmu.

Baca Juga: 7 Tips Hemat buat Kamu si Gaji UMR, Biar Bisa Nabung dan Investasi

2. Seleksi barang yang kamu butuhkan dan tidak

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara MemulainyaIlustrasi Dekorasi Ruang Kamar (IDN Times/Sunariyah)

Pertanyaan berikutnya: bagaimana cara memulai hidup minimalis? Widya membagikan sejumlah kiat. Yang pertama, kamu mesti melihat ke sekelilingmu, entah itu kamar, rumah, atau ruang kerja. Apakah lingkungan sekitar kamu sudah rapi? Apa saja barang-barang yang tidak kamu pakai dalam satu bulan terakhir ini?

Kamu bisa memulain dengan memilah dan memilih mana barang yang masih kamu butuhkan dengan barang yang bisa didonasikan atau jual kembali.

“Jika, sudah menyisihkan barang tersebut pasti akan membuat kita sadar bahwa banyak sekali barang yang tidak terlalu menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Dengan adanya konsep minimalis ini juga, kita tahu kapan kita ketika harus membeli barang tersebut. Agar, tidak terjadi penumpukan barang disekitar kita juga dapat berdampak pada keuangan kita loh,” ujar Widya.2. Mulai biasakan beli barang sesuai fungsinya

3. Mulai biasakan beli barang sesuai fungsinya

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara MemulainyaIlustrasi Belanja Online (IDN Times/Meiska Irena)

Berikutnya, , biasakan membeli barang yang fungsinya betul-betul kamu butuhkan. Sebelum membeli barang, sebaiknya ketahui apa fungsi dari barang tersebut. Beli barang yang sesuai fungsi dan kebutuhanmu saja.

“Ketiga, berani untuk mengatakan tidak, apalagi pada barang diskon. Jika barang tersebut tidak diperlukan saat ini tidak perlu untuk membelinya,” ujar Widya.

4. Hilangkan keterikatan dengan barang

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara MemulainyaMembersihkan gudang punya segudang manfaat lho (IDN Times/Umi Kalsum)

Cara keempat adalah dengan menghilangkan keterikatan pada barang. Gimana sih caranya supaya lebih mudah memilah barang?

“Caranya hilangkan keterikatan emosional pada barang, sehingga akan lebih mudah untuk memilah dan memilih barang tersebut. Memilah barang juga dapat memudahkan kita apakah barang tersebut memiliki fungsi yang sesuai atau tidak,” kata Widya menyarankan.

Terakhir, fokus ke hal-hal yang membuat diri kamu bahagia. “Gaya hidup minimalis dapat membuat kita menjadi lebih berkualitas,” kata Widya menambahkan.

Baca Juga: 3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       

5. Apa keuntungan hidup minimalis?

Tren Hidup Minimalis Bantu Sehatkan Keuangan, Ini Cara MemulainyaPexels.com/cottonbro

Dengan menerapkan hidup minimalism, bukan hanya kamu akan merasa lebih nyaman karena rumahmu lebih rapi dan mudah dibersihkan, kamu juga akan mendapatkan manfaat secara finansial. Kamu bisa menyusun perencanaan anggaranmu dengan alokasi lebih banyak untuk tabungan, investasi, dan asuransi yang berguna untuk masa depanmu ketimbang belanja barang-barang.

“Setelah, menerapkan hidup minimalis dapat mengurangi bahkan tidak adanya rasa bersalah terhadap barang dan bahkan keuangan kamu,” ucap Widya.

Selain masalah barang, menerapkan gaya minimalis juga bisa meringankan pikiran, karena menjadi lebih fokus pada hal yang memang akan menjadi tujuan utama kita.

“Dampak yang paling terasa adalah lebih banyak bersyukur. Jika, kamu merasa kurang terus dalam hidup, ketika kamu menerapkan gaya hidup minimalis, kamu akan lebih menyadari  bahwa selama ini hidup kamu sangatlah berkecukupan,” papar Widya.

Baca Juga: Tips Hemat Menghadapi Banyak Godaan Promo 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya