Comscore Tracker

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25

Kamu gak boleh meremehkan perencanaan keuangan

Jakarta, IDN Times – Sebagian anak muda kerap mengeluhkan alur finansial mereka. Baru saja menerima gaji, tapi rasanya uang cepat sekali meninggalkan kas.

Banyak yang bercita-cita ingin kaya, tapi usaha dan pergerakannya minim. Nah, berikut, IDN Times merangkum beberapa cara supaya millennial bisa hidup tenang, tanpa gangguan finansial.

1. Buat pos pengeluaran

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25Ilustrasi Keuangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Memang gak enak kalau semua pengeluaran kita selama sebulan dijabarkan. Tapi, mengutip dari spesialis literasi keuangan, QM Financial, kamu mau tidak mau mesti menerapkan ini agar tahu cashflow.

Saat mendapatkan penghasilan, bagi uang menjadi 5 pos. Masing-masing untu cicilan utang maksimal 30 persen, kebutuhan rutin maksimal 60 persen, pengeluaran sosial minimal 2,5 persen, menabung dan berinvestasi minimal 10 persen, serta pengeluaran lifestyle maksimal 20 persen. Kamu bisa menghilangkan pos cicilan jika gak suka berhutang.

Baca Juga: Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan Keluargamu

2. Menabung dan berinvestasi

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Memiliki uang Rp100 ribu bukan berarti harus dihabiskan semuanya. Sisihkan sedikit untuk kebutuhan di masa mendatang. Kamu mesti menyadari pentingnya investasi untuk perencanaan keuangan, supaya tidak merasa kesulitan di masa pensiun kelak.

Setidaknya, sisihkan 10 persen dari penghasilan untuk ditabung. Kalau kamu belum punya penghasilan, bisa menyisihkan duit jajan yang diberikan orang tua setiap minggu atau per bulan.

3. Persiapkan dana darurat

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25Pixabay.com/EmAji

Kamu tetap membutuhkan dana darurat meski terkesan sepele. Beauty dan Lifestyle Blogger, Andra Alodita menyampaikan betapa pentingnya dana darurat, seperti pada halaman web-nya, maupun postingan IG Storynya.

Dana darurat bisa menadi “extra life” jika terjadi apa-apa. Idealnya, dana darurat bagi orang yang belum menikah jumlahnya 3 kali dari pengeluaran wajib bulanan. Sedangkan bagi yang sudah menikah, jumlahnya enam kali dari pengeluaran wajib bulanan.

4. Aktif bayar zakat

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Banyak yang lupa ketika sudah mendapatkan penghasilan tiap bulan, yakni membayar zakat ataupun sumbangan. Nominalnya bisa dibilang kecil, hanya 2,5 persen dari penghasilan. Namun dampaknya bisa tak terhingga.

Seperti kata pepatah, “apa yang sudah kita tanam, itulah yang kita tuai” begitu juga ketika berzakat, tidak perlu saat lebaran, namun juga bisa sedekah ke orang yang membutuhkan. Karena, the more we give, the more we get.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Bertahan dalam Resesi

5. Kurangi sikap konsumtif dan impulsif

Cara Ampuh Mengatur Keuangan Agar Kaya di Usia 25Ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau meninjau perilaku millennial saat ini, lihat barang lucu sedikit, ambil, bayar. Padahal barang tersebut bisa jadi karena diri sendiri yang impulsif. Hal tersebut juga bisa membuat berkurangnya nilai untuk menabung. Jika sudah seperti itu, ada baiknya untuk meng-install aplikasi atau memiliki jasa financial planner sendiri, supaya lebih tertata rapih finansialnya.

Baca Juga: 6 Prinsip Cerdas Mengatur Keuangan Agar Cepat Kaya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya