Comscore Tracker

Kiat untuk Millennial agar Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 30

Banyak anak muda yang belum bisa punya rumah pribadi

Jakarta, IDN Times - Sebagian orang mendambakan punya rumah pribadi di usia muda. Tapi memiliki hunian butuh uang yang tidak sedikit, makanya masih banyak anak muda berusia 30 tahun yang belum bisa punya rumah sendiri.

Kalau kamu termasuk, tenang saja. Kamu sebenarnya bisa memiliki hunian pribadi di usia muda jika menerapkan persiapan matang. Yuk simak kiat dari perencana keuangan berikut ini supaya kamu bisa punya rumah di bawah usia 30 tahun.

1. Mulai investasi di usia 24 tahun

Kiat untuk Millennial agar Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 30ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Founder Finansialku Melvin Mumpuni mengatakan millennial harus mulai berinvestasi maksimal di usia 24 tahun jika ingin bisa membeli rumah dengan metode pembayaran lunas.

Contohnya, seseorang berusia 24 tahun yang ingin membeli rumah dengan harga Rp432 juta, harus berinvestasi Rp7,88 juta per bulan. Itu dengan asumsi return investasi 12 persen dalam setahun.

"Asumsinya harga properti akan naik 8 persen setiap tahun. Si anak ini usia 24 tahun, beli lima tahun lagi pas si anak usia 29 tahun," ujarnya.

Baca Juga: Debitur KPR Terimbas COVID-19 Bisa Ajukan Penangguhan Pembayaran 

2. Persiapkan dana untuk DP dan Cicilan jika mau menggunakan metode KPR

Kiat untuk Millennial agar Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 30Ilustrasi Perumahan Suku Irian (IDN Times/Mardya Shakti)

Melvin mengungkapkan, anak muda juga bisa membeli rumah dengan metode KPR. Jangan lupa persiapkan uang muka atau DP. Misalnya kamu membutuhkan DP rumah sebesar Rp321,806 juta, maka kamu butuh mempersiapkan Rp3,9 juta setiap bulan.

Tak hanya mempersiapkan DP kamu harus mempersiapkan uang cicilan kamu, caranya dengan berinvestasi dan menabung.

3. Kejar tambahan income

Kiat untuk Millennial agar Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 30Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Tambahan income sangat perlu untuk kamu yang ingin memiliki rumah di usia muda. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pendapatan kamu. Menurut Melvin, kamu bisa berjualan online, dropshipper, atau menjadi reseller. Bisa juga menjadi content creator, selebgram atau menjadi YouTuber yang tetap mengedukasi.

Baca Juga: Peserta Tapera Bisa Beli Apartemen, Bunga KPR di Bawah Bank Komersial

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya