Comscore Tracker

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu Coba

#RamadanMasaKini Lumayan nih buat tambah-tambah THR~

Jakarta,  IDN Times - Di bulan Ramadan, ada beberapa peluang bisnis yang kamu bisa kerjakan loh. Lumayan kan untuk menambah uang THR sambil mengasah jiwa entrepreneur kamu.

Soal modal, tenang saja, tidak besar kok. Kamu bahkan bisa melakukan beberapa bisnis ini dari rumah. Mau tahu apa saja peluang bisnis itu? 

IDN Times telah merangkum beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal besar dan mudah dijalani di bulan yang penuh berkah ini. Simak!

1. Kartu ucapan Lebaran

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaInstagram/@thepressjournal

Di era digital ini, kebanyakan orang mengucapkan selamat hari raya cukup dengan pesan digital. Eits, tapi ada loh orang-orang yang masih mencari kartu ucapan dalam bentuk fisik.

Di sinilah peluang kamu untuk memulai bisnis. Apalagi jika kamu punya bakat menggambar dan tingkat kreativitas yang tinggi. Pergunakanlah!

Buatlah kartu-kartu ucapan lengkap dengan amplop yang unik. Ingat, semakin karya kamu berbeda dan unik, akan semakin dilirik.

 Untuk memasarkan, kamu tidak perlu repot. Cukup foto hasil desain-desain kartumu dan coba tawarkan di akun Instagram atau media sosial lain yang kamu rasa paling sesuai buat jualan.

Baca Juga: 6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

2. Bisnis kue hari raya

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaRumahmesin.com

Ramadan baru saja mulai, dan Lebaran masih sebulan lagi. Namun, bisnis ini sudah bisa kamu mulai loh.

Sebagai awal, kamu bisa melakukan uji pasar. Kue apa sih yang lagi tren? Packaging seperti apa yang diminati pembeli. 

Setelah itu, ada hal penting lainnya yang harus kamu lakukan, yakni menjaring pelanggan! Dengan begitu, kamu dapat menakar berapa kue yang akan dibuat.

IDN Times menyarankan, sebaiknya prospeklah kerabat terdekat dulu, seperti teman kantor, tetangga, keluarga dan teman kuliah. Promosi dari mulut ke mulut juga manjur lho. Siapa tahu kue buatanmu digemari banyak orang-orang terdekat, yang kemudian merekomendasikannya ke jejaring sosial mereka.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan untuk Wilayah Makassar, Lihat di Sini! 

3. Bisnis sirup segar untuk berbuka puasa

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaInstagram.com/bayunuraji

Sirup menjadi minuman yang paling banyak di gemari saat berbuka puasa, apalagi jika ditambah es. Sedang puasa di musim yang memasuki kemarau begini, tentu kamu dapat membayangkan bagaimana segarnya sungguh menggoda.

Sayang, tidak semua orang berani meminumnya, karena khawatir sirup yang dijual mengandung gula buatan. Bagi mereka yang peduli kesehatan, gula-gula buatan apalagi dengan kadar berlebihan bisa jadi ancaman serius.

Kamu bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk berbisnis. Kamu bisa membuat sendiri sirup dari gula asli yang kemudian kamu kemas. Bahan-bahan dan angkah-langkah membuatnya bisa kamu cari dengan mudah dengan cara browsing. Bahkan, tutorialnya pun ada. 

Baca Juga: Syekh Yusuf, Ulama Makassar yang Menyebarkan Islam Hingga ke Afrika 

4. Bisnis bumbu dasar masakan Lebaran

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu Cobayoutube.com

Kalau biasanya orang yang memasak bisa langsung menakar bumbu dan mencicipinya langsung ketika memasak, di bulan puasa ini lain ceritanya. Sudah bukan rahasia umum, orang tidak dapat mencicipi masakannya ketika sedang berpuasa.

Ini bisa kamu lihat sebagai peluang bisnis di bulan Ramadan. Kamu bisa membantu orang-orang yang memasak dengan menjual bumbu dasar yang segar tapi sudah diracik dan bisa disimpan di lemari es.

Contohnya, kamu dapat menjual bumbu dasar bawang, soto, rawon, atau gulai. Jangan lupa memberi informasi takaran bumbu itu agar proses memasak jadi lebih mudah dan tidak perlu mencicipinya.

5. Kreasi buku agenda kegiatan bertema Ramadan

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaPixabay.com/Stocksnap

Membuat daftar kegiatan selama Ramadan sangat membantumu mengerjakan aktivitas sehari-hari dan mengaturnya agar tidak bentrok dengan jadwal ibadah. Maklum, di bulan penuh berkah, banyak orang memperbanyak agenda beribadah.

Ada pula kegiatan-kegiatan tambahan seperti buka puasa bersama. Semakin luas jaringan sosial, semakin banyak pula agenda buka puasa bersama yang musti dihadiri. Sangat penting untuk mencatat agenda-agenda tersebut beserta waktu dan prioritasnya.

Masalahnya, belum banyak toko buku yang menjual buku agenda bertema Ramadan.
Jika kamu punya keahlian kaligrafi dan lettering yang indah kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini. Berkreasilah dan pasarkan.

Baca Juga: Tips Tetap Bugar Berkendara Meski Sedang Berpuasa

6. Paket diet untuk buka dan sayur

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaSumber Gambar: kuncibisnis.com

Menu katering diet masih jarang tersentuh para pebisnis. Di bulan Ramadan ini, tidak sedikit para pejuang diet yang berat badannya naik setelah berpuasa. Bagaimana tidak, lebih banyak pasar malam yang menjual menu berbuka dan sahur.

Ini jelas jadi peluang besar bagi kamu. Peminat bisnis katering ini, bukan hanya pejuang diet, tapi penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui juga meliriknya karena mereka membutuhkan gizi seimbang.

7. Bazar sahur

Modal Kecil, Ini 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan yang Bisa Kamu CobaSumber Gambar : kemlu.go.id

Jika biasanya bazar Ramadan hanya ada pada sore hari, kamu bisa mencoba membuka bazar makanan saat sahur. Harganya tentu lebih murah daripada restoran yang buka 24 jam, sehingga peluang untuk diminati lebih besar. Apalagi jika tempat berjualan di daerah kampus dan kos-kosan. Pasti laris manis.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Saat Bulan Puasa

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You