Comscore Tracker

Berawal dari Meme, Kini Bayar SPP Benaran Bisa Pakai GoPay! 

Bagus dong, #GoPay memudahkan orangtua mahasiswa

Jakarta, IDN Times - Pada awal terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, beredar luas berbagai meme atau gambar disertai tulisan, yang berisi gagasan penggunaan GoPay untuk membayar SPP mahasiswa. Saat ini, ide tersebut menjadi kenyataan.  

Para orangtua dan wali murid kini bisa menggunakan GoPay untuk membayar dan biaya pendidikan lain seperti keperluan buku, seragam, maupun kegiatan ekstrakurikuler.

"Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills," ungkap Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse dalam keterangan tertulis, Senin (17/2).

1. Segala jenis transaksi bisa dilakukan menggunakan GoPay

Berawal dari Meme, Kini Bayar SPP Benaran Bisa Pakai GoPay! Ilustrasi cashback e-wallet (IDN Times/Indiana Malia)

Arno menjelaskan, layanan tersebut membebaskan orangtua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orangtua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran.

"Sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, GoPay terus meningkatkan loyalitas pengguna dengan selalu menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam bertransaksi, dari membayar berbagai layanan Gojek, tagihan, pajak, hingga donasi," jelasnya.

Baca Juga: Anak Diberi Nama GoPay dan Cash Back, Dapat Saldo Gratis Setahun Penuh

2. GoBills bikin aktivitas pembayaran lebih praktis

Berawal dari Meme, Kini Bayar SPP Benaran Bisa Pakai GoPay! IDN Times/Fariz Fardianto

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2017, GoBills telah berkembang menjadi sebuah fitur lengkap. Ini diklaim sebagai fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk membayar berbagai jenis tagihan.

Tidak hanya pendidikan, pengguna setia Gojek dapat menggunakan fitur GoBills untuk membayar tagihan sehari-hari seperti air, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat.

“Selain memudahkan para orangtua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur. Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital,” kata Arno.

3. Di kalangan millennial dan Gen Z, GoPay paling populer

Berawal dari Meme, Kini Bayar SPP Benaran Bisa Pakai GoPay! Survei Ipsos mengenai penggunaan dompet digital (IDN Times/Rahmat Arief)

GoPay menjadi dompet digital paling populer di kalangan millennial dan Gen-Z. Dalam survei Ipsos baru-baru ini, terungkap 58 persen responden mengatakan GoPay sebagai dompet digital yang paling dikenal.

"Disusul OVO 29 persen, DANA 9 persen, dan LinkAja 4 persen," kata Research Director Customer Experience, Ipsos in Indonesia, Olivia Samosir dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/2).

Olivia menjelaskan, GoPay memiliki pangsa pasar tertinggi di antara empat pemain dompet digital. Sebanyak 55 persen responden mengaku menggunakan GoPay sebagai pilihan utama pembayaran, 53 persen menggunakan GoPay secara berulang, dan 51 persen responden mengaku pernah menggunakan GoPay.

"Sebanyak 60 persen responden mengaku sebagai pengguna pertama GoPay," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Survei Ipsos: GoPay Paling Populer di Kalangan Millennial dan Gen-Z

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya