Comscore Tracker

Siap-siap! Mahasiswa Bakal Dapat Bantuan Pulsa dari Pemerintah

Pulsa Rp150 ribu per bulan untuk belajar daring

Jakarta, IDN Times - Pemerintah bakal menyalurkan bantuan pulsa bagi mahasiswa dan masyarakat yang terlibat kegiatan belajar secara daring (online). Nilai bantuan pulsa senilai Rp150 ribu per orang per bulan.

Bantuan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020, yang ditandatangani Menkeu Sri Mulyani.

"Kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring (online) dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan secara daring yang bersifat insidentil dapat diberikan biaya paket data sesuai kebutuhan paling tinggi sebesar Rp150 ribu per orang per bulan," tulis Kepmenkeu tersebut yang dilansir Selasa (1/9/2020).

1. Keputusan Menteri Keuangan soal pemberian pulsa

Siap-siap! Mahasiswa Bakal Dapat Bantuan Pulsa dari PemerintahIDN Times/Shemi

Keputusan Menkeu Nomor 394 juga memuat soal pemberian bantuan pulsa bagi aparatur sipil negara (ASN). Keputusan mempertimbangkan sistem kerja PNS dalam tatanan normal baru.

Bagi PNS, mereka akan diberikan bantuan pulsa atau paket data senilai Rp200 ribu sampai Rp400 ribu per bulan. Nilainya tergantung jabatan dan fungsi.

"Biaya paket data dan komunikasi sebagaimana dimaksud dalam aturan pertama, hanya dapat diberikan kepada pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya sebagian besar membutuhkan komunikasi secara daring (online)," tulis aturan tersebut.

Baca Juga: Sah! ASN dan Mahasiswa Resmi Dapat Kuota Internet dari Sri Mulyani

2. Pulsa kuota internet diberikan agar pembelajaran daring tak alami kendala

Siap-siap! Mahasiswa Bakal Dapat Bantuan Pulsa dari PemerintahIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan bantuan pulsa bagi pelajar.

"Selain pulsa untuk pegawai negeri sipil (PNS), pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menyiapkan bantuan pulsa untuk pelajar menggunakan skema dana BOS," kata Angkie dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/8/2020).

Angkie menjelaskan, pulsa tersebut diberikan untuk mendukung kelancaran pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karena PJJ bersifat daring, maka bantuan yang diberikan adalah pulsa berupa kuota internet.

"Kita pahami bahwa proses pembelajaran daring mengalami kendala ketersediaan kuota internet dan khususnya bagi keluarga ekonomi rendah," ujar Angkie.

3. Untuk mencegah penyebaran COVID-19

Siap-siap! Mahasiswa Bakal Dapat Bantuan Pulsa dari PemerintahIlustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Dalam merespons situasi pandemik COVID-19 ini, pendidikan daring atau PJJ adalah langkah yang ditempuh pemerintah untuk memastikan pendidikan berjalan dengan baik bagi seluruh siswa di Indonesia. Hal itu guna mengurangi penyebaran kasus di sekolah.

"Semua langkah dilakukan sebagai respons pemerintah terhadap situasi pandemik ini yang berimbas pada semua sektor, baik sosial, ekonomi, maupun pendidikan," jelasnya.

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Berikan PNS Uang Pulsa hingga Rp400 Ribu per Bulan 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya