Comscore Tracker

Tarif Baru Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berapa Kenaikannya?

Tarif cukai rokok naik senilai 12,5 persen

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan menaikkan tarif cukai rokok pada tahun 2021. Kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) mulai berlaku Februari atau hari ini, Senin (1/2/2021).

Kenaikan tarif cukai rokok sudah ditetapkan sejak akhir tahun 2020 lalu. "Kita akan menaikkan cukai rokok dalam hal ini sebesar 12,5 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis 10 Desember 2020.

Baca Juga: Penjualan Sampoerna Merosot karena Pandemik dan Kenaikan Tarif Cukai

1. Sigaret Kretek Tangan (SKT) tidak dinaikkan cukai rokoknya

Tarif Baru Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berapa Kenaikannya?Ilustrasi Cukai Rokok (IDN Times/Arief Rahmat)

Cukai untuk intuk industri yang mengeluarkan atau memproduksi Sigaret Putih Mesin (SPM) golongan I akan dinaikkan sebesar 18,4 persen. Berikutnya, SPM IIA dinaikkan 16,5 persen, SPM IIB akan dinaikkan 18,1 persen, lalu Sigaret Kretek Mesin (SKM) golongan I dinaikkan sebesar 15,9 persen, SKM golongan IIA dinaikkan hasil cukai tembakai 13,8 persen dan SKM II B naik sebesar 15,4 persen.

Sementara itu untuk industri jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT), pemerintah memutuskan untuk tidak dinaikkan tarif cukainya di 2021.

"Sektor ini adalah yang memiliki unsur tenaga kerja terbesar," ucap dia.

2. Pemerintah tidak berlakukan simplifikasi golongan tarif cukai

Tarif Baru Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berapa Kenaikannya?Ilustrasi rokok (IDN Times/Indiana Malia)

Sri Mulyani menegaskan pemerintah tidak melakukan simplifikasi golongan. Strategi yang diterapkan adalah pengecilan celah tarif antara SKM Golongan II A dengan SKM golongan II B. Pemerintah juga mengecilkan celah tarif antara SPM golongan II A dan SPM golongan II B

"Jadi meskipun kami melakukan simplifikasi, kami memberikan sinyal bahwa celah tarif di antara golongan II A dan B untuk SKM dan SPM semakin dikecilkan," ujarnya.

Baca Juga: Cukai Rokok Naik, Peneliti: Tarif Tier Cukai Harus Disederhanakan

3. Begini simulasi kenaikan cukai rokok

Tarif Baru Cukai Rokok Berlaku Hari Ini, Berapa Kenaikannya?Sebanyak 4,1 juta batang rokok ilegal berbagai merek dan 658 botol liquid vape (rokok elektrik) dimusnahkan Bea Cukai Tegal, Selasa (3/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Berhubung cukai rokok sudah naik, mari kita buat simulasi kenaikannya. Bila harga rokok A tahun ini sebesar Rp25 ribu per bungkus, rokok B Rp30 ribu per bungkus, maka akan mengalami kenaikan sebesar Rp3.125 rupiah per bungkus untuk rokok A dan Rp3.750 per bungkus untuk rokok B. Ini dengan asumsi kenaikan tarif cukai rata-rata sebesar 12,5 persen.

Bila ditotal, rokok A pada 2021 harganya akan menjadi sekitar Rp28.125 per bungkus dan rokok B sebesar Rp28.750 per bungkus. Ingat, ini hanya simulasi tarif rokok berdasarkan kenaikan yang sudah ditetapkan pemerintah. Karena pada praktiknya nanti, harga rokok sangat mungkin berbeda.

Baca Juga: Harga Rokok Jadi Berapa setelah Tarif Cukai Naik? 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya