Comscore Tracker

Alasan Pengusaha Ngebet Terlibat Vaksinasi Mandiri: Biar Cepat

Pengusaha ingin ekonomi cepat pulih setelah vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Pengusaha tengah mengupayakan agar vaksinasi mandiri COVID-19 untuk masyarakat luas bisa melibatkan pihak swasta.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, rencana vaksinasi mandiri ini sejatinya telah diwacanakan sejak tahun lalu. Hal itu diungkapkan Rosan dalam program Ngobrol Seru bersama IDN Times, Rabu (27/1/2021).

"Kemudian kita angkat kembali karena untuk kepentingan kita semua, kepentingan dunia usaha. Kenapa? Semakin cepat dilakukan, semakin cepat juga herd immunity. Pemulihan ekonomi juga cepat. Oleh karena itu, kita usulkan pihak swasta ikutan," kata Rosan.

Baca Juga: Airlangga Tegaskan Tak Ada Komersialisasi pada Vaksin Mandiri

1. Pengusaha berusaha membantu percepatan vaksinasi

Alasan Pengusaha Ngebet Terlibat Vaksinasi Mandiri: Biar CepatIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Rosan, vaksinasi tidak bisa sepenuhnya hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Oleh sebab itu, Rosan merasa bahwa para pengusaha perlu membantu upaya percepatan program tersebut.

"Ini PR (pekerjaan rumah) kita semua kok. Gak bisa semua dibebankan ke pemerintah. Vaksinasi kan gak tahun ini saja, tapi tiap tahun," ucap dia.

2. Anggaran tes COVID-19 lebih baik dipakai untuk vaksinasi

Alasan Pengusaha Ngebet Terlibat Vaksinasi Mandiri: Biar CepatIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Rosan menyampaikan bahwa para pelaku usaha sampai saat ini masih terus melaksanakan protokol kesehatan. Pihaknya juga rutin melakukan rapid test antigen maupun PCR test secara berkala, untuk memastikan kesehatan para pekerjanya.

Rosan menilai anggaran untuk melakukan tes lebih baik dioptimalkan untuk vaksinasi. "Lebih baik kita berikan itu vaksinasi sekalian," imbuh dia.

3. Jokowi beri sinyal untuk vaksinasi mandiri

Alasan Pengusaha Ngebet Terlibat Vaksinasi Mandiri: Biar CepatPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan sinyal kepada para pengusaha soal vaksinasi mandiri. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2021, pada Kamis (21/1/2021).

Dalam pidatonya itu Jokowi mengatakan, vaksinasi di Indonesia harus segera dilakukan dengan cepat. Ia menuturkan, pemerintah saat ini tengah menggodok rencana soal vaksinasi mandiri.

"Ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi, perusahaan menyampaikan, Pak bisa gak vaksin mandiri? Ini yang baru kita akan putuskan, karena apa, kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biayanya ditanggung perusahaan sendiri, kenapa tidak?" ujarnya.

Baca Juga: Jokowi: Vaksinasi COVID-19 untuk Masyarakat Mulai Februari

https://www.youtube.com/embed/zKy9qZL8mRI

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya