Comscore Tracker

Lagi Tren, Permintaan Sepeda Melonjak 9 Juta Unit selama Pandemik

Industri dalam negeri perlu meningkatkan produksi sepeda

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 jadi berkah tersendiri bagi industri sepeda. Sebab selama masa tersebut, permintaan masyarakat dan kebutuhan sepeda meningkat signifikan.

“Kebutuhan sepeda di dalam negeri melonjak signifikan di masa pandemi COVID-19, dengan mencapai lebih dari 8-9 juta unit, baik untuk sepeda dewasa maupun anak-anak,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/7/2020).

1. Kebutuhan yang meningkat bisa menjadi peluang industri sepeda

Lagi Tren, Permintaan Sepeda Melonjak 9 Juta Unit selama PandemikIlustrasi Sepeda (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Menurut Agus permintaan pasar yang tinggi harus dimanfaatkan oleh industri sepeda. Peluang itu seharusnya disambut dengan menggenjot produksi.

"Kita melihat tren pembelian sepeda oleh masyarakat semakin besar, ini menjadi momentum yang sangat tepat bagi pabrikan untuk meraih pasar tersebut dengan menambah produksi,” ucapnya.

Menperin Agus mengunjungi pabrik sepeda PT Terang Dunia Internusa, yang memproduksi sepeda United Bike, di Citeurup, Bogor, Jawa Barat. Dia melihat langsung bagaimana produksi sepeda yang sedang jadi tren di masyarakat.

“Dari hasil kunjungan tersebut, kami melihat hal yang membanggakan, bahwa ada industri sepeda di dalam negeri yang telah memproduksi sepeda dan mengisi kebutuhan pasar nasional sejak 50 tahun yang lalu,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Fakta Sepeda Brompton, Kerangka Unik Harganya Selangit

2. Produk industri sepeda dalam negeri diminati pasar Eropa

Lagi Tren, Permintaan Sepeda Melonjak 9 Juta Unit selama PandemikIlustrasi Ekspor (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Menteri Sosial ini memberikan apresiasi kepada PT Terang Dunia Internusa yang bakal meningkatkan kebutuhan komponen sepeda di dalam negeri. Sebab untuk sepeda kelas ekonomi, hampir semua komponennya bisa diproduksi dari pabrik itu sendiri.

Bahkan, pabrikan sepeda United itu telah melakukan kegiatan ekspor, di mana beberapa produknya diminati oleh konsumen di Jerman.

“Artinya, industri kita mendapat kepercayaan tinggi di pasar Uni Eropa, yang kita ketahui mereka punya standar relatif tinggi,” imbuhnya.

3. TKDN sepeda dalam negeri capai 50-60 persen

Lagi Tren, Permintaan Sepeda Melonjak 9 Juta Unit selama PandemikWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Hingga saat ini, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk sepeda produksi industri nasional, telah mencapai 50-60 persen. Agus mendorong sektor manufaktur pendukung, seperti industri besi dan baja dapat memasok kebutuhan bahan baku bagi produsen sepeda di Tanah Air.

“Apabila salah satu komponen seperti gear sepeda bisa diproduksi dari dalam negeri, akan menambah 10 persen dari TKDN,” ujarnya.

Baca Juga: Digandrungi saat Pandemik, Penggunaan Sepeda Bakal Diatur Kemenhub

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya