Comscore Tracker

Pasar Indonesia Curi Perhatian Perusahaan Aksesori Ponsel Tiongkok

Indonesia dinilai sebagai pasar terbaik di Asean

Hong Kong, IDN Times - Perusahaan aksesori ponsel dari Tiongkok melirik pasar pengguna ponsel pintar di Indonesia. Para pengusaha dari Negeri Tirai Bambu mengaku siap bersaing dengan perusahaan penyedia pernak-pernik ponsel di Tanah Air.

Salah satu langkah awal mereka adalah dengan mengikuti pameran elektronik yang akan digelar oleh perusahaan dagang raksasa asal Hong Kong, Global Sources Indonesia di Jakarta, 5-7 Desember 2109 mendatang.

Acara tersebut merupakan ajang bertemunya pedagang elektronik besar dari Asia Timur dengan para pedagang besar di Indonesia. Para pengusaha mengaku siap membawa produk terbaik mereka untuk ditawarkan di Indonesia.

1. Tingginya pengguna ponsel di Indonesia dipandang sebagai potensi pasar aksesori

Pasar Indonesia Curi Perhatian Perusahaan Aksesori Ponsel TiongkokIDN Times/Faiz Nashrillah

Salah satu perusahaan yang mengaku akan hadir dalam pameran itu adalah Guangzhou Saiboro Electronic Technology Co Ltd. Mereka mengaku tertarik untuk datang ke Indonesia lantaran pasarnya dinilai cukup baik. 

"Indonesia masuk dalam lima besar untuk ukuran jumlah penduduk dan itu adalah pasar yang luar biasa bagi kami,' ujar Manajer Penjualan Saiboro, Bella saat ditemui di pameran Global Sources Electronic, di Hong Kong Sabtu (19/10).

2. Saiboro telah memiliki pasar di Indonesia

Pasar Indonesia Curi Perhatian Perusahaan Aksesori Ponsel Tiongkoktwitter.com/lindacai_cai

Produsen soft case ponsel tersebut juga yakin dengan pasar di Indonesia lantaran mereka kini telah memiliki pembeli dari Tanah Air. "Produk kami sudah diekspor ke 60 negara lebih. Dari total market kami, 10 persen merupakan pembeli dari Indonesia," ujarnya. 

3. Selain Saiboro, Tyjin juga menjanjikan kualitas produk nomor satu dengan harga miring

Pasar Indonesia Curi Perhatian Perusahaan Aksesori Ponsel TiongkokIDN Times/Faiz Nashrillah

Tak hanya Saiboro, produsen aksesoris asal Tiongkok lain, Tyjin juga menyatakan kesiapannya menembus pasar Indonesia. Perusahaan pembuat charger ponsel tersebut mengaku antusias meskipun hingga kini belum memiliki pelanggan di Indonesia. "Saya melihat ada pasar yang sangat besar untuk kami di sana," ujar Manajer Penjualan Tyjin, KK Huang. 

Mereka sangat yakin produk mereka akan digemari pasar Indonesia karena kualitas yang dimiliki. Mereka bahkan mengaku siap mematahkan penilaian negatif yang selama ini beredar tentang kualitas produk asal Tiongkok. "Produk kami tak mahal, tapi kami jamin kualitasnya nomor satu."

Baca Juga: Perdana, Sulsel Ekspor Batang Cengkeh ke India

4. Indonesia merupakan pasar terbaik di kawasan Asia Tenggara

Pasar Indonesia Curi Perhatian Perusahaan Aksesori Ponsel TiongkokIDN Times/Faiz Nashrillah

Sementara itu, Vice President Global Sources, John Kao mengatakan bahwa beberapa perusahaan teknologi asal Asia Timur memang mulai melirik pasar Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan pasar terbaik di Asia Tenggara. "Kami sudah puluhan tahun mengadakan pameran seperti ini. Kami yakin inilah saatnya mulai membuka pasar di Indonesia," ujar John.

Lebih jauh ia menyebut bahwa beberapa perusahaan teknologi dunia yang sebelumnya menyasar Tiongkok mulai mengarahkan pasarnya ke Indonesia. 

Baca Juga: Rencana Merger DANA dengan OVO untuk Merebut Pasar GoPay?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya