Comscore Tracker

Mau Punya Uang Pecahan Rp75 Ribu? Dapatkan di Sini

Uang dicetak terbatas dan tidak diedarkan secara bebas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia meluncurkan uang pecahan Rp75 ribu, bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia. Uang itu dicetak sebanyak 75 lembar, tapi tidak akan diedarkan secara bebas di masyarakat.

Uang tersebut tetap bisa digunakan sebagai alat pembayaran uang yang sah. Bisa juga untuk dikoleksi. Kamu bisa menukarkan uang untuk mendapatkan pecahan Rp75 ribu melalui bank umum mulai 2 Oktober 2020 hingga persediaan cetakan habis.

1. Ini lima bank yang melayani penukaran uang Rp75 ribu

Mau Punya Uang Pecahan Rp75 Ribu? Dapatkan di SiniIlustrasi BCA (Istimewa /BCA)

Untuk melayani penukaran uang pecahan Rp75 ribu, Bank Indonesia menunjuk lima bank umum. Masing-masing, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

Bank-bank itu ditunjuk karena memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jangkauan layanan diharapkan lebih luas dan merata.

Kemudian cabang bank umum sebagai lokasi penukaran UPK 75 Tahun RI
dapat dilihat dalam menu aplikasi saat memilih lokasi penukaran.

Baca Juga: Keluarga Proklamator, Orang Pertama Terima Uang Baru Pecahan Rp75 Ribu

2. Jika ingin mendapat uang Rp75 ribu baru, ikuti panduan ini

Mau Punya Uang Pecahan Rp75 Ribu? Dapatkan di SiniPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (Youtube.com/Bank Indonesia)

Masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut harus melewati tahapan berikut ini:

- Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR (Android dan iOS) atau https://pintar.bi.go.id

- Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli

- Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital

- Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

- Setiap satu KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp75.000.

3. Ada dua periode pemesanan

Mau Punya Uang Pecahan Rp75 Ribu? Dapatkan di SiniGubernur BI Perry Warjiyo (Tangkapan Layar Youtube BI)

Untuk mendapatkan uang Rp75 ribu, BI membuka dua periode pemesanan yakni pada tahap satu, 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB – 30 September 2020 dengan tempat penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri di seluruh provinsi dan beberapa kota atau kabupaten.

Kemudian pada tahap kedua dilakukan pada 1 Oktober 2020 dengan tempat penukaran di Bank Indonesia Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri dan Bank Umum yang ditunjuk.

Setah pemesanan dilakukan, penukaran dapat dilakukan paling cepat satu hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke 75 pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.

Baca Juga: [BREAKING] Uang Rp75 Ribu Baru Resmi Diluncurkan, Begini Penampakannya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya