Comscore Tracker

BI Luncurkan Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan, Ini Cara Mendapatkannya

Uang dicetak terbatas dan tidak diedarkan secara bebas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia meluncurkan uang Rupiah pecahan Rp75 ribu. Peluncurannya digelar secara virtual bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

Pengeluaran uang sebagai peringatan atas 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Peluncuran oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo menandai mulai berlakunya uang tersebut sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillahirabbilamin, sebagai wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil-hasil pembangunan yang begitu banyak selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah dan BI mempersembahkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI dalam bentuk uang kertas pecahan Rp75 ribu," kata Menkeu Sri Mulyani melalui video virtual, Senin.

Baca Juga: [BREAKING] Uang Rp75 Ribu Baru Resmi Diluncurkan, Begini Penampakannya

1. Uang dilengkapi ornamen peristiwa Proklamasi dan baju adat nusantara

BI Luncurkan Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan, Ini Cara MendapatkannyaUang pecahan Rp75 ribu edisi 75 tahun kemerdekaan Indonesia. bi.go.id

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan bahwa uang edisi khusus 75 Tahun RI memuat makna filosofis. Yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Tiga makna filosofis itu tergambarkan lewat desain uang. Potret Soekarno-Hatta, peristiwa proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, dan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan menggambarkan wujud mensyukuri kemerdekaan.

Keberagaman pakaian adat dan motif kain Nusantara mencerminkan semangat memperteguh kebinekaan. Satelit Merah Putih, sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045, merupakan optimisme menyongsong masa depan gemilang.

UPK 75 Tahun RI dilengkapi dengan unsur teknologi pengaman terbaru dan menggunakan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

2. Diedarkan terbatas, begini cara mendapatkan uang pecahan Rp75 ribu

BI Luncurkan Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan, Ini Cara MendapatkannyaUang pecahan Rp75 ribu. (IDN Times/ Istimewa)

BI cuma mencetak uang pecahan Rp75 ribu sebanyak 75 juta lembar dan tidak diedarkan secara bebas di masyarakat. Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, uang spesial ini bisa didapatkan masyarakat untuk dijadikan koleksi.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang baru ini?

Perry mengatakan masyarakat bisa memperoleh uang ini dengan mekanisme penukaran uang senilai Rp 75.000, atau sama dengan nominal uang edisi khusus ini. Dia menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penukaran uang tersebut:

  1. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR (Android dan iOS) atau https://pintar.bi.go.id
  2. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  3. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital
  4. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.
  5. Setiap satu KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000.

Adapun untuk mendapatkan uang Rp75.000 ini, BI membuka dua periode pemesanan yakni pada tahap satu 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB-30 September 2020 dengan tempat penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri di seluruh provinsi dan beberapa kota atau kabupaten.

Kemudian tahap kedua dilakukan pada satu Oktober 2020 dengan tempat penukaran di Bank Indonesia Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BI dalam negeri dan bank umum yang ditunjuk. Setelah pemesanan dilakukan, penukaran dapat dilakukan paling cepat satu hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran uang itu masih tersedia di lokasi dan waktu yang dipilih.

Perry mengatakan uang spesial edisi Kemerdekaan Indonesia ke-75 sudah didistribusikan ke seluruh kantor cabang Bank Indonesia.

"Kami telah mendistribusikan uang ini ke seluruh kantor BI dan masyarakat dapat segera melakukan penukaran," ujarnya.

3. Keluarga proklamator jadi yang pertama menerima uang pecahan Rp75 ribu

BI Luncurkan Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan, Ini Cara MendapatkannyaPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (Youtube.com/Bank Indonesia)

Uang baru pecahan Rp75.000 ini diberikan secara simbolis kepada keluarga Proklamator, Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta, yang diwakili oleh Guntur Soekarno dan Mutia Hatta.

"Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator Alm. Bapak Ir. Sukarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga Alm. Bapak Ir. Soekarno," kata Gubernur BI Perry Warjiyo.

Kemudian, Sri Mulyani juga turut menyerahkan uang spesial tersebut kepada Mutia Hatta.

"Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Alm. Drs. Mohammad Hatta," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI Tidak Diedarkan Bebas ke Masyarakat

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya