Comscore Tracker

4 Motor ini Cuma Seumur Jagung di Indonesia, Kurang Laku!

Nama besar pabrikan ternyata bukan jaminan

Jakarta, IDN Times - Pasar sepeda motor di tanah air memang legit. Hitung saja berapa banyak sepeda motor yang terjual setiap tahun. Itu sebabnya hampir semua pabrikan sepeda motor berlomba menancapkan eksistensi mereka di sini.

Tapi ternyata gak semua sepeda motor yang dijual itu laku, lho. Malah ada beberapa yang disuntik mati gak lama setelah diproduksi. Alasannya, karena sepi peminat alias gak laku. Nah, berikut deretan sepeda motor yang berumur pendek di tanah air.

1. Honda Kirana

4 Motor ini Cuma Seumur Jagung di Indonesia, Kurang Laku!Honda Kirana

Honda Kirana pertama kali diluncurkan pada tahun 2002. Saat itu, produksi motor ini bertujuan untuk menyediakan produk bagi konsumen yang masih menyukai desain dari Astrea Grand.

Namun ternyata, terjadi perubahan minat desain motor bebek di Indonesia. Masyarakat saat itu cenderung beralih ke motor bebek dengan desain yang lebih sporty dan modern.

Akibatnya motor ini menjadi kurang laku di pasaran. Umur dari motor ini hanya sebentar saja, sebab telah disuntik mati oleh Astra Honda Motor (AHM) di tahun 2004.

Baca Juga: Deretan Skutik Yamaha Ini Ternyata Diproduksi di Indonesia

2. Yamaha Crypton

4 Motor ini Cuma Seumur Jagung di Indonesia, Kurang Laku!Yamaha Crypton

Yamaha Crypton diklaim sebagai pionir motor bebek 4-tak milik Yamaha. Yamaha Crypton pertama kali hadir pada tahun 1997. Motor ini menggunakan mesin 101,8 cc 4-tak satu silinder.

Dari mesin ini, Yamaha Crypton mampu mencapai tenaga maksimum sebesar 8,2 hp dan torsi maksimal 8,65 Nm. Menariknya, motor ini sudah dilengkapi fitur Engine Balancer untuk meredam getaran dari mesin.

Umur Yamaha Crypton tidak lama, yaitu 2-3 tahun. Hal ini bisa terjadi karena Crypton kalah saing dengan motor bebek keluaran Honda.

3. Honda Revo Matic (AT)

4 Motor ini Cuma Seumur Jagung di Indonesia, Kurang Laku!Honda Revo Matic (AT)

Sempat diklaim sebagai motor bebek pertama bertransmisi otomatis, Honda Revo Matic sempat menghebohkan dunia otomotif saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, penjualannya kian menurun.

Ada alasan dibalik kegagalannya. Konsumen menilai harga yang ditawarkan terlalu mahal. Untuk harga Rp 15 juta, konsumen lebih memilih untuk membeli motor bebek biasa atau skutik lain yang tersedia. Pada akhirnya, Honda Revo Matic disuntik mati pada tahun 2013.

4. Honda Karisma

4 Motor ini Cuma Seumur Jagung di Indonesia, Kurang Laku!Honda Karisma

Honda Karisma dirilis di waktu yang hampir bersamaan dengan Honda Kirana pada tahun 2002 silam. Ada dua varian yang diluncurkan, yaitu Honda Karisma 125D dan Karisma X.

Honda Karisma sempat digemari karena mengusung mesin yang lebih baik dan sudah dibekali dengan rem cakram. Namun, penjualannya kian menyusut lantaran tarikan yang lambat, konsumsi bahan bakar yang boros, dan suspensi yang keras. Oleh karena itu, Honda Karisma dihentikan pada tahun 2005, dan posisinya digantikan oleh Honda Supra.

Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Baru Selasa Pekan Depan, Honda PCX 160?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya