Comscore Tracker

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan Mobil

SWDKLLJ, PKB, BBN KB, duh ribet!

Jakarta, IDN Times - Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah surat wajib yang harus dipunyai pemilik kendaraan, baik motor atau mobil. Sebab tanpa STNK kendaraanmu bisa dianggap ilegal. Karena itu STNK wajib selalu dibawa setiap kali kamu pergi dengan mobil atau motor pribadi.

Tapi tahu gak sih kalau ternyata ada beberapa singkatan di STNK yang terdengar aneh? Nah, berikut arti singkatan-singkatan tersebut.

1. PKB

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan MobilIlustrasi STNK. IDN Times/Dwi Agustiar

PKB di sini maksudnya bukan Partai Kebangkitan Bangsa, tapi Pajak Kendaraan Bermotor. Pajak ini harus kamu bayar setiap tahun dengan besaran sekitar 1,5 persen dari nilai jual kendaraan.

Baca Juga: Ingin Perpanjang SIM-STNK di Tengah COVID-19? Ini Waktu Pelayanannya

2. BBN KB

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan MobilIDN Times/Dwi Agustiar

BBN KB merupakan kependekan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. BBN KB biasa diisi jika kamu melakukan balik nama pemilik kendaraan. Misal kan kamu membeli motor bekas dan ingin mengubah nama dari pemilik sebelumnya menjadi namamu.

3. SWDKLLJ

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan MobilIDN Times/Dwi Agustiar

Singkatan satu ini memang ribet banget. Karena panjang dan njelimet. Kepanjangan dari SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Gampangnya SWDKLLJ adalah dana asuransi yang kamu setorkan kepada Jasa Raharja. Pembayaran SWDKLLJ menyatu dengan pajak tahunan. Sehingga ketika kamu membayar pajak kendaraan, secara otomatis kamu juga menjadi peserta asuransi Jasa Raharja.

Besaran biaya SWDKLLJ sepeda motor dan mobil berbeda. Untuk roda dua, biaya SWDKLLJ sekitar Rp35 ribu. Sementara untuk roda empat setorannya Rp153 ribu.

4. Biaya Adm STNK

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan MobilIDN Times/Dwi Agustiar

Istilah berikutnya adalah biaya Adm STNK. Ini adalah biaya yang harus kamu keluarkan saat mengganti pelat kendaraan atau ketika melakukan proses balik nama. Namun sejak Februari 2018, biaya ini telah dihapus.

Penghapusan biaya Adm STNK berdasarkan putusan MA Nomor 12 P/HUM/2017 yang mengatur Lampiran Nomor E angka 1 dan 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

5. Biaya Adm TNKB

Termasuk SWDKLLJ, Ini 5 Istilah Unik di STNK Motor dan MobilIlustrasi STNK. IDN Times/Irma Yudistirani

Maksud dari biaya Adm TNKB adalah biaya administrasi Tanda nomor kendaraan bermotor. Singkatnya, biaya ini dikeluarkan saat pergantian pelat nomor lima tahun sekali. Besaran biayanya berbeda-beda sesuai jenis kendaraan yang kamu miliki. 

Baca Juga: Gesit di Jalanan Kota, Harga 5 Mobil Bekas Ini di Bawah Rp100 Juta

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya