Comscore Tracker

Dulu Paling Eksis, Nasib Motor 'Ayam Jago' Kini Digerus Varian Matic

Pasar motor matic menguasai konsumen Indonesia

Jakarta, IDN Times - Jenis varian baru motor di Indonesia membuat salah satu genre motor yang sering dikenal dengan sebutan motor "Ayam Jago" saat ini semakin tersisih.

Padahal beberapa tahun lalu motor jenis ini merajai jalanan. Bentuknya yang ringkes dan mesinnya yang gahar membuat motor ayam jago banyak digemari. Tapi eksistensinya kini di ujung tanduk.

 Nah berikut daftar motor ayam jago yang pernah wara-wiri di jalanan tanah air.

1. Suzuki Satria F150

Dulu Paling Eksis, Nasib Motor 'Ayam Jago' Kini Digerus Varian Matichttps://www.suzuki.co.id

Brand Suzuki memperkenalkan varian pertama ayam jago yang bernama Satria. Pada zamannya, motor ini sangat digemari masyarakat Indonesia, khususnya anak mudanya.

Tetapi, kini popularitas motor ini terus menurun. Mungkin hal ini terjadi karena saat ini lebih banyak masyarakat yang memilih motor skutik dengan tampilan yang lebih kekinian dan pastinya lebih mudah dan nyaman digunakan sehari-hari.

Padahal dari sisi performa mesin, Suzuki Satria F-150 ini jauh di atas motor-motor matik. FYI, Suzuki Satria F-150 gress saat di dyno dapat menyentuh angka 23,48 HP dengan torsi 13,57 Nm.

Baca Juga: Terjual 1.802 Unit Dalam 10 Hari, Honda ADV 150 Ancam Eksistensi NMAX?

2. Honda Sonic 150R

Dulu Paling Eksis, Nasib Motor 'Ayam Jago' Kini Digerus Varian Matichttps://www.astra-honda.com

Selain Suzuki Satria F-150, motor ayam jago lainnya adalah Honda Sonic. Dan seperti Suzuki Satria F-150, nasib Honda Sonic pun tak jauh berbeda. Keduanya mulai tergerus gelombang motor matik.

Padahal desain dan performa Honda Sonic ini oke banget, loh. Namun desain motor-motor matik yang kekinian ditambah fitur dan kenyamanannya membuat banyak orang kini berpindah ke lain hati.

3. Suzuki Rider J115 Fi

Dulu Paling Eksis, Nasib Motor 'Ayam Jago' Kini Digerus Varian Maticinsideracing.com

Suzuki Rider atau Suzuki J115 Fi ini terakhir dirilis pada tahun 2013. Kapasitas mesinnya 115 cc dan banyak sekali perubahannya dari generasi sebelumnya. Namun sayangnya motor ini tidak mampu bertahan lama di pasar. Kini Suzuki Rider jadi motor koleksi dan karenanya jarang sekali muncul di jalanan.

Baca Juga: Ini 3 Keunggulan Yamaha WR 155, Pesaing Kawasaki KLX dan Honda CRF 150

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You