Comscore Tracker

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaik

Mobil-mobil mungil dengan tampilan elegan

Jakarta, IDN Times – Kehadiran mobil berjenis compact seperti hatchback seolah tak tergantikan, di tengah tren mobil yang selalu berganti. Dari zaman Toyota Starlet hingga era Honda Jazz, mobil-mobil imut selalu menjadi idaman anak muda.

Bahkan Executive Vice President Lexus, Koji Sato, pernah memprediksi kalau mobil-mobil compact akan meruntuhkan dominasi mobil berjenis sport utility vehicle (SUV). Nah, berikut mobil-mobil imut namun lincah yang laris manis di tanah air.

1. Toyota Yaris

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback TerbaikToyota Yaris/Instagram.com/toyotaid

Mobil satu ini sering dianggap sebagai saingan Honda Jazz. Sebab modelnya elegan dan sporty. Selain itu Toyota Yaris juga dibekali mesin yang lumayan gahar di kelasnya.

Meski generasi pertama sudah ada sejak 1999, namun generasi keduanya yang menjadi pelopor Yaris di tanah air, yakni pada tahun 2006 dan akhirnya penjualan yang stabil membuatnya tetap bertahan di Indonesia hingga generasi terbarunya.

Baca Juga: Penjualan Suzuki Baleno Hatcback Lampaui Honda Jazz dan Toyota Yaris!

2. Honda Jazz

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback TerbaikHonda Jazz/global.honda

Honda Jazz adalah salah satu mobil kompak, lebih tepatnya dalam segmentasi hatchback yang dijual di Indonesia sejak generasi pertamanya yang diproduksi di Jepang sejak 2001. Namun, generasi pertama Jazz baru masuk di Indonesia pada 2003.

Sejak generasi jadul sampai yang teranyar, mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling laku karena ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga cocok digunakan di jalanan perkotaan. Desainnya yang elegan dan sporty juga mampu menarik pelanggan, baik laki-laki ataupun perempuan.

Untuk performa mesin, sepertinya tak perlu ditanyakan lagi karena banyak orang ataupun pembalap profesional di Indonesia memilih mobil ini sebagai senjata mereka di lintasan.

3. Honda Brio

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaikyoutube/Garasi Drift

Honda Brio lahir sebagai salah satu kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) karena Indonesia sedang gencar untuk mengurangi jumlah polusi udara. Awalnya, desain yang biasa tapi cantik membuat mobil ini banyak dipilih oleh perempuan sebagai mobil harian mereka.

Namun semakin terungkap performa mesinnya yang melebihi kendaraan non LCGC, akhirnya banyak juga laki-laki yang membeli karena tergiur dengan akselerasi menjambak mobil ini, dan pada akhirnya dijadikan bahan modifikasi demi meningkatkan penampilan dan performa mesin.

4. Toyota dan Daihatsu Agya/Ayla

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaiktoyota-global.com

Masih dalam kelas LCGC, mobil besutan Toyota dan Daihatsu berikut menjadi kendaraan yang juga diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang cukup murah, desainnya pun tidak terlalu buruk. Ya, pas lah untuk yang mau punya mobil on budget.

Karena adanya kerja sama antara Toyota dan Daihatsu, keduanya memiliki ukuran dan desain bodi dan interior yang hampir sama dan nyaris tak terlihat perbedaannya. Biasanya, perbedaan baru dapat dirasakan dalam performa mesin, meskipun bedanya tidak banyak karena keduanya berkapasitas 1.000–1.200cc.  

5. Suzuki Swift

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaikcarvaganza.com

Akhirnya pembahasan masuk ke pabrikan otomotif selain Honda dan Toyota. Betul banget, Suzuki juga merupakan salah satu raksasa otomotif di Indonesia, guys, dan produknya Suzuki Swift bisa dikatakan merupakan pesaing dari Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Namun, ya karena masalah popularitas merek yang kalah harus membuat Swift tidak sepopuler Jazz atau Yaris. Tapi jangan salah, lho. Mobil ini tetap banyak pemilik atau bahkan penggemarnya di Indonesia sehingga Suzuki masih menciptakan generasi terbarunya.

6. VW Golf

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaikcarscoops.com

Yap, kali ini masuk ke sektor mobil premium. Tak cuma Jepang, produsen otomotif Eropa juga banyak membuat mobil compact yang laris di Indonesia, seperti VW Golf, baik yang TSI ataupun GTI. Keduanya hanya berbeda di performa mesin dan beberapa detail bodi.

TSI lebih mementingkan keluarga sehingga mesinnya dibuat tidak terlalu kencang dan bodinya hanya memerhatikan unsur elegan. Sedangkan GTI adalah versi balap yang memiliki performa mesin lebih gahar, dan bodi hingga peleknya memiliki desain yang jauh lebih sporty, juga tetap elegan dan mewah.

7. MINI

Diprediksi Geser Dominasi SUV, Ini 7 Pilihan Mobil Hatchback Terbaikminiusa.com

Ini dia legenda mobil hatchback dari Eropa. Siapa yang tak kenal dengan merek MINI, sebab generasi terdahulu mobil ini menjadi andalan salah satu tokoh lucu dalam serial Mr. Bean.

Desainnya yang ikonik pada seluruh varian mobilnya, elegan dan mewah membuat MINI menjadi merek otomotif yang cukup banyak penggemarnya dan tidak akan pernah terlupakan. Performa mesinya pun tidak buruk dan terbilang cukup bengis.

Baca Juga: Ultah MINI di GBK, Dihadiri Banyak Komunitas MINI 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya