Comscore Tracker

Waspada Mobil Tergelincir karena Aquaplaning, Ini Cara Mengatasinya  

Selalu berhati-hati agar tidak kecelakaan di jalan licin

Makassar, IDN Times – Hujan yang mengguyur sepanjang hari mengakibatkan jalan-jalan digenangi air. Para pengendara dibayangi potensi kendaraan tergelincir karena jalan menjadi licin.

Genangan yang memicu aquaplaning juga membahayakan pengendara. Ini merupakan kondisi ketika ban mobil seolah mengambang atau tidak menapak permukaan jalan yang digenangi air. Akibatnya, ban kehilangan traksi dan pada banyak kasus menyebabkan mobil tergelincir.

Aquaplanning bisa menjadi faktor utama kecelakaan di musim hujan. Karena itu, kamu harus berhati-hati jika berkendara. Berikut tipsnya untuk mencegah kondisi terburuk tersebut.

1. Kurangi kecepatan di jalan yang digenangi air

Waspada Mobil Tergelincir karena Aquaplaning, Ini Cara Mengatasinya  Unsplash/Kyrylo Kholopkin

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Cek 5 Hal Ini di Mobil Kamu Agar Aman Berkendara

Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang digenangi air. Memacu kendaraan di genangan air jadi salah satu pemicu aquaplaning.

Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin besar pula daya angkat mobil. Akibatnya, tekanan ban pada permukaan air menjadi sedikit. Karena itu kurangi kecepatan saat jalanan sudah mulai tergenang guys!

2. Tetap tenang dan jangan banting setir secara mendadak

Waspada Mobil Tergelincir karena Aquaplaning, Ini Cara Mengatasinya  Unsplash/Maxime Agnelli

Aquaplaning biasanya terjadi sesaat dan prosesnya begitu cepat. Saat terjadi Aquaplaning usahakan untuk tetap tenang dan tidak membanting setir secara mendadak.

Biasanya pengemudi kaget dan langsung membanting setir saat aquaplaning terjadi, hal ini justru sangat berbahaya karena dapat terjadi kecelakaan.

3. Ban akan terkunci, jangan mengerem mendadak!

Waspada Mobil Tergelincir karena Aquaplaning, Ini Cara Mengatasinya  Unsplash/Dan Musat

Hindari pengereman secara mendadak, karena mampu membuat ban menjadi terkunci. Jika ban terkunci mobil dapat bisa tergelincir bahkan terbalik. Jika terpaksa harus melakukan pengereman, pastikan injak rem secara perlahan.

Usahakan juga periksa kondisi ban dan tekanan angin, ban yang tidak dalam kondisi prima membuat kemungkinan mobil tergelincir saat aquaplaning semakin besar.

Baca Juga: Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunci

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya