Comscore Tracker

Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Mobilnya mau dipakai di medan apa?

Jakarta, IDN Times - Beragam tipe mobil beredar di pasaran saat ini, mulai dari sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), hingga sedan dan hatchback.

Terdapat tujuan berbeda pada setiap penciptaan mobil tersebut. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing sebelum memilihnya.

Nah berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangan sebelum meminang SUV atau MPV.

1. Disesuaikan dengan kondisi jalan

Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal IniDok.IDN Times/Istimewa

Mobil jenis SUV dirancang untuk melahap berbagai varian jalan, mulai dari jalan yang mulus hingga semi offroad. Karena itu ground clearance mobil jenis ini dibuat lebih tinggi. Fungsinya, supaya bagian bawah mobil tidak mentok saat melewati jalan yang konturnya tidak rata.

Lain halnya dengan jenis MPV yang memang dirancang untuk berwara-wiri di jalanan perkotaan yang cenderung rata dan mulus-mulus saja. Ground clearance mobil jenis ini juga tidak terlalu tinggi.

Nah, kalau kamu lebih sering membawa mobil di perkotaan dengan jalan yang rata dan lurus, maka MPV adalah pilihan yang tepat. Sementara kalau kamu sering ke luar kota yang membuatmu harus melibas berbagai varian jalan, maka SUV adalah pilihannya.

Baca Juga: 4 Fitur Keamanan Mitsubishi Xpander

2. Perbedaan kapasitas penumpang

Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal Inicarlist.my

SUV memang andal diajak melibas berbagai medan jalan, tetapi kabinnya cenderung sempit. Umumnya SUV hanya bisa mengangkut lima penumpang termasuk sopir. 

Sementara MPV umumnya didesain dengan kabin yang luas. Bahkan MPV bisa membawa 7 hingga 8 penumpang.

Sehingga, jika kamu menginginkan mobil yang bisa membawa banyak penumpang atau mobil yang bisa digunakan mengangkut barang, maka MPV adalah pilihannya.

3. Penggunaan bahan bakar

Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal IniDok.IDN Times/Istimewa

Membandingkan mana yang lebih boros antara SUV atau MPV sebenarnya agak sulit. Karena kedua jenis mobil ini memiliki banyak sekali varian mesin.

Selain itu gaya berkendara dan situasi lalu lintas juga akan sangat mempengaruhi keiritan bahan bakar. Sehingga boros atau tidaknya bisa sangat relatif.

Namun SUV dengan mesin diesel biasanya lebih irit dari MPV bermesin bensin. Tapi ini bukan patokan, sih.

4. Kestabilan di jalan

Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal IniIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Suspensi SUV dibuat cenderung agak keras agar bisa melibas berbagai medan jalan. Memang sih, suspensi keras ini akab terasa tidak nyaman bagi penumpang. Namun mobil bersuspensi keras cederung lebih stabil di kecepatan tinggi.

Sementara MPV biasanya menggunakan suspensi yang lebih lembut untuk memastikan kenyamanan penumpang. Namun efek samping suspensi lembut cenderung membuat mobil kurang stabil pada kecepatan tinggi.

Namun harap diingat, SUV dan MPV memiliki bodi besar dan karenanya sangat tidak dianjurkan dibuat kebut-kebutan.

Di GIIAS 2019 yang akan digelar Juli mendatang, banyak pilihan SUV dan MPV yang bisa kamu kepoin. Renault misalnya akan menghadirkan Triger sementara Suzuki akan merilis Jimny Sierra. So, jangan sampai terlewat, ya!

Baca Juga: 5 Mobil Paling Mahal di GIIAS 2019, Ada Mercedes Harga Rp5,4 Miliar

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You