Comscore Tracker

Mobil Ambulans di Lumajang Bawa Kambing, Wakil Bupati: Memalukan

Wakil Bupati geram atas insiden itu

Jakarta, IDN Times - Sebuah mobil ambulans di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, bukannya mengantarkan pasien atau orang meninggal dunia. Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan, mobil ambulans mengangkut hewan ternak jenis kambing.

Video yang beredar di media sosial tersebut belakangan diketahui direkam di Desa Sukerojo, Kecamatan Kunir, Lumajang. Ambulans itu kedapatan mengangkut dua ekor kambing. Peristiwa yang terjadi pada Jumat (26/6) tersebut, sontak membuat pemimpin di Kabupaten Lumajang naik pitam.

Baca Juga: Keluyuran Tanpa Masker, 5 WNA asal Bangladesh di Lumajang Dievakuasi

1. Ambulans desa digunakan untuk mengangkut kambing

Mobil Ambulans di Lumajang Bawa Kambing, Wakil Bupati: MemalukanAmbulans bawa kambing/ Facebook Indah Masdar

Akibat kejadian itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam media sosial Facebook mengaku geram. Indah sebut peristiwa itu sudah mencoreng etika birokrasi tersebut.

"MEMALUKAN, Hari ini beredar foto ambulans desa membawa kambing, perilaku berpemerintahan yang menyimpang dan mencoreng etika. Peringatan untuk seluruh kepala desa agar tidak melakukan hal-hal seperti ini," tulis Indah di akun Facebook pribadinya.

2. Wakil Bupati menyebut perilaku tersebut tidak sesuai dengan visi pemerintahan

Mobil Ambulans di Lumajang Bawa Kambing, Wakil Bupati: MemalukanBupati Lumajang, Thoriqul Haq saat melakukan konferensi pers perkembangan pandemik COVID-19. Lumajangkab.go.id

Ia menilai, perilaku tersebut sudah tidak sesuai dengan jalannya pemerintahan. Dia menegaskan bahwa pemerintah adalah pelayanan masyarakat, sehingga dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik, bukan malah sebaliknya.

"Sesuai dengan visi misi bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saya akan terus melakukan upaya perbaikan pelayanan melalui reformasi birokrasi," kata Indah.

3. Program satu desa satu ambulans di Lumajang untuk mempercepat pelayanan kesehatan

Mobil Ambulans di Lumajang Bawa Kambing, Wakil Bupati: MemalukanIlustrasi (Humas Pemprov Sulsel)

Ia menjelaskan, pemberian mobil ambulans di setiap desa merupakan program satu desa satu ambulans untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan kesehatan, yang digagas mantan Bupati Sjahrazad Masdar.

"Program itu pernah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan RI, sehingga seharusnya dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat," ujar Indah.

Baca Juga: Bawa Jenazah Positif COVID-19, Ambulans di Pamekasan Diancam Dibakar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya